Penyebab, Pencegahan, dan Efek Tanah Longsor


Pernah melihat bencana alam longsor? Biasanya, saat musim hujan mulai melanda Indonesia, bencana longsor kerap terjadi di beberapa daerah pegunungan atau perbukitan. Longsor tak hanya menyebabkan hilangnya harta benda tapi juga nyawa. Dalam artikel ini, penulis akan sedikit berbagi informasi tentang penyebab, penanggulangan serta dampak atau efek tanah longsor.

Penyebab Longsor

Biasanya, longsor kerap terjadi disebabkan oleh sangat lebatnya hujan ditambah dengan gundulnya hutan di sekitar daerah longsor. Kondisi tanah yang tidka stabil serta rapuhnya bebatuan akan membuat tanah menjadi tidak dapat menahan air. Meskipun factor-faktor tersebut menjadi factor paling umum yang mentebabkan longsor, namun ada juga longsor yang disebabkan oleh adanya aktivitas gunung berapi dan gempa. Gempa dan aktivitas gunung berapi dapat membuat tanah tidak bisa menahan air dan akhirnya menyebabkan longsor.

Faktor lain seperti penambangan baik itu pasir, batu, atau tanah juga bsia menjadi pemicu longsor. Factor-faktor ini disebabkan oleh manusia yang kurang menyadari bahaya longsor. Selain aktivitas manusi tersbeut, amsih banyak aktivitas lain yang dapat menyebabkan longsor, antara lain penggunaan bahan peledak atau getaran mesin-mesin dengan ukuran yang besar.

Pencegahan dan Dampak Longsor

Longsor yang terjadi di wilayah terjal dapat mencapai kecepatan 75 km/jam. Dengan kecepatan seperti ini, seseorang tentu akan sulit menghindarinya. Agar tidak terjadi longsor, sebaiknya manusia melakukan pencegahan longsor. Caranya dengan tidak menebangi pepohonan di hutan atau sekitar pegunungan dan bukit, penanaman pepohonan dengan akar-akar yang kuat seperti bamboo atau akar wangi di lereng-lereng yang gundul.

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mencegah longsor ini adalah pembuaran saluran air hujan atau parit dengan kedalaman yang cukup, pembuatan tembok penahan di lereng-lereng, pengukuran tingkat derasnya air hujan, serta pemeriksaan tanah secara berkala. Selain itu, untuk menghindari bencana longsor, warga disarankan untuk tidak membangun pemukiman di wilayah-wilayah yang terjal seperti lereng bukit.

Lalu, apa dampak dari tanah longsor ini? Ada banyak dampak yang disebabkan oleh terjadinya bencana longsor antara lain terjadinya kerusakan di area hutan, kebun, dan pertanian; rusaknya berbagai infrastruktur seperti sekolah, jalan, jembatanb, pemukiman, dan fasilitas umum lainnya; serta hilangnya harta benda dan nyawa. Selain itu, longsor juga akan berdampak pada psikologis korban.
Itulah informasi tentang penyebab, pencegahan, dan efek tanah longsor. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Mengenal Jenis Facial Salon
Sebelumnya: Program Kerja Humas dalam Organisasi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar