Kondisi Ekonomi di Indonesia Saat Ini


Setiap negara memiliki masalah. Termasuk masalah ekonomi. Sejak tahun 2008, Indonesia mengalami krisis ekonomi. Masalah ekonomi menarik untuk dicermati. Ekonomi di Indonesia dipandang dengan bermacam cara oleh banyak orang. Ada yang memandang bahwa ekonomi Indonesia cenderung meningkat. Ada yang menyebutnya stabil, namun ada pula yang menyatakan bahwa kondisi ekonomi Indonesia melemah.

Presiden SBY menyampaikan informasi seputar ekonomi Indonesia, ketika membuka pertemuan anggota APEC CEO Summit di Bali pada awal Oktober lalu. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkata bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini bisa melaju dengan positif meski pertumbuhan ekonomi global berada dalam kondisi ketidakpastian.

Menteri Perekonomian Chatib Basri mengklaim bahwa kondisi perekonomian Indonesia saat ini masih stabil meski perekonomian global dan regional melemah. Indikasinya, dunia perbankan dan sektor lainnya selama dua pekan terakhir, bahkan sejak Agustus 2013, menunjukkan hasil yang positif. Hal senada diungkapkan oleh Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. Sejauh ini ekonomi Indonesia stabil karena respons kebijakan pemerintah baik.

Ekonomi Indonesi Melemah

Hal ini dibuktikan dengan melemahnya nilai tukar rupiah yang menembus level Rp 10.000, bahkan mencapai Rp 11.000 atas dolar AS. Masalah dasar di bidang ekspor melandasi terjadinya penurunan nilai tukar rupiah.

Kalaupun perekonomian bisa menguat, jika masalah dasar ekspor tidak diperbaiki, tetap saja kondisi ekonomi di Indonesia saat ini bertahan seperti ini, bahkan bisa melemah lagi. Sampai akhir tahun 2013, kondisi ekspor Indonesia diprediksi belum akan membaik.

Kepala Badan Pusat Statistik Suryamin mengatakan bahwa penurunan kinerja sektor pertambangan dan penggalian bisa berakibat pada menurunkan nilai ekspor Indonesia. Mengingat selama ini dua sektor ini menjadi penyokong utama ekspor.

Di dunia pertambangan ada banyak keluhan tentang kondisi sumur yang sudah mulai tua, produksi yang menurun, dan penemuan kilang minyak baru yang belum membuahkan hasil. Oleh karena itu, salah satunya jalan adalah pemerintah harus segera memperbaiki financial modalnya sehingga potensi ini bisa menutup kekurangan ekspor. Hal ini bisa dilakukan dengan terus memengaruhi investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Proses Detoksifikasi

Proses ini bisa juga disebut sebagai perlambatan yang direncanakan. Maksudnya, pemerintah sengaja memperlambat pertumbuhan ekonomi. Itu bukan tanpa tujuan. Tujuannya, ekonomi Indonesia tidak sampai mengalami defisit. Namun, sejauh ini, proses detoksifikasi belum selesai sehingga secara kasatmata masih tampak bahwa nilai tukar rupiah atas mata uang asing yang melemah serta indikasi makro ekonomi yang menurun.

Bagaimanapun, penguatan nilai tukar rupiah atas mata uang asing harus senantiasa dilakukan dengan maksimal karena fundamental negara tercermin dari hal ini. Ekonomi memang menjadi krusial untuk segera ditangani. Istilahnya adalah dia menjadi jantung negara.

Apa pun versi pandangan orang dan ekonom terhadap kondisi ekonomi di Indonesia saat ini, yang jelas, jika pemerintah tidak turun langsung ke masyarakat, keadaan serbasusah tetap dialami masyarakat. Dalam benak mereka selalu ada keinginan agar harga kebutuhan pokok tidak naik, tetapi semua harga cenderung terus naik. Pemerintah harus lebih keras bekerja.

Selanjutnya : Emka Dunia Malam
Sebelumnya: Obat Bisul Di Dada
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar