Energi Alternatif dan Cara Penggunaannya


Manusia sudah banyak yang menyadari akan pentingnya energi alternatif untuk menggantikan energi konvensional. Berbagai riset dan eksperimen dilakukan guna mendapatkan energi alternatif dan cara penggunaannya yang lebih ramah lingkungan dan lebih ekonomis.

Pengertian energi alternatif

Energi alternatif adalah energi yang berasal dari sumber selain bahan bakar hidrokarbon. Bahan bakar hidrokarbon sebagai bahan bakar konvensional menimbulkan banyak masalah terutama terhadap kelestarian lingkungan hidup. Bahan bakar konvensional yang digunakan selama ini berasal dari fosil sehingga biasa disebut juga sebagai bahan bakar fosil.

Fosil merupakan sisa-sisa makhluk hidup sejak jutaan tahun yang lalu. Jumlahnya di alam sangat terbatas sehingga suatu saat kelak akan mengalami kehabisan. Selain jumlahnya terbatas dan tidak bisa diperbaharui, pengolahan dan penggunaan sumber energi ini menimbulkan masalah serius terhadap lingkungan hidup. Pencemaran oleh karbondioksida sebagai gas buangan energi jenis ini, telah mempengaruhi kondisi iklim, tanah, air, dan udara di bumi.

Sumber energi alternatif

Sumber energi bisa dikatakan sebagai sumber energi alternatif jika memenuhi kriteria sebagai berikut:
1.    sumber energi tersebut tersedia di alam bebas dalam jumlah yang melimpah
2.    sumber energi bisa diolah dengan cara yang tidak berdampak buruk terhadap lingkungan
3.    penggunaan energi tersebut tidak menimbulkan limbah yang dapat merusak lingkungan
4.    energi dapat digunakan secara berulang-ulang

Sejauh ini, ada beberapa sumber energi alternatif yang berasal dari alam dan sudah dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Berikut adalah di antaranya:
1.    Matahari
Matahari merupakan sumber panas dan cahaya bagi bumi. Energi matahari yang sangat besar dan melimpah sebenarnya sudah banyak dimanfaatkan sejak dulu kala. Pemanfaatannya secara langsung misalnya untuk mengeringkan pakaian.  Dewasa ini telah ditemukan teknologi dengan sumber energi dari matahari. Dengan menggunakan semacam panel logam, panas matahari diserap dan ditampung untuk kemudian diubah menjadi listrik.
2.    Angin
Pemanfaatan angin sebagai sumber energi sudah dilakukan sejak zaman kuno, di antaranya adalah dalam dunia pelayaran di mana perahu bergerak menggunakan energi angin. Penggunaan energi angin juga dilakukan dengan membuat kincir raksasa. Angin menggerakan kincir yang terhubung dengan turbin dan generator sehingga bisa menghasilkan listrik.
3.    Panas bumi
Panas bumi atau geothermal merupakan energi dari magma di dalam perut bumi. Panasnya magma membuat air di sekitarnya menjadi panas dan menguap. Uap panas inilah yang digunakan untuk menggerakan turbin yang terhubung dengan generator sehingga bisa menghasilkan listrik.

Demikian informasi mengenai energi alternatif dan cara penggunaannya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Enzim Diproduksi oleh Tubuh
Sebelumnya: Elemen Kunci dalam Organisasi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar