Energi dan Contoh Perubahan Energi


Energi suatu benda berarti kekuatan atau kemampuan benda tersebut untuk melakukan suatu perkerjaan. Seperti bergerak, mendorong, melompat, jatuh atau malah menahan untuk tidak gerakan. Energi ini dapat diketahui keberadaannya dengan mengamati perubahan sifat suatu benda atau materi.

Ada berbagai bentuk energi yang kita kenal di alam, antara lain:

  1. Energi kimia
  2. Energi listrik
  3. Energi bunyi
  4. Energi kalor
  5. Energi pegas
  6. Energi nuklir
  7. Energi mekanik (gabungan energi gerak dan energi potensial)
  8. Energi cahaya

Menurut teori ilmu Fisika, setiap materi mengandung atau memiliki energi (energi potensial). Dan jumlah energi yang ada di alam ini tidak akan pernah berubah, seperti yang disebutkan dalam Hukum kekekalan energi, yaitu energi itu tak bisa dibuat ataupun dilenyapkan. Energi hanya bisa mengubah bentuk dari bentuk tertentu ke bentuk yang lain. Tapi, jumlah keseluruhan energi ini tak berubah.

Contoh dari Perubahan Energi

Berikut sebagian contoh perubahan energi yang ada di alam antara lain:

  1. Perubahan energi kimia menjadi energi gerak pada manusia. Makanan yang kita makan akan dolah dalam tubuh melalui proses metabolisme. Energi yang dihasilkan dari perubahan ini disebut dengan energi kimia. Energi inlah yang kemudian kita pakai untuk bergerak atau menggerakkan suatu benda. 
  2. Perubahan energi gerak turbin menjadi energi listrik. Turbin akan menggerakkan poros generator. Karena munculnya perbedaan tegangan dan arus pada stator dan fluks generator, maka muncullah listrik. 
  3. Perubahan energi mekanik menjadi energi panas pada dua batu yang digosok. Pada saat dua batu digosokkan, gesekan kedua batu tersebut akan menimbulkan panas. 
  4. Perubahan energi listrik menjadi energi panas. Perubahan ini biasanya dapat kita temui pada peralatan pemanas rumah tangga, seperti kompor listrik, seterika, heater dan lain sebagainya. Energi listrik yang di alirkan akan mengakibatkan elemen pada peralatan memanas. 
  5. Perubahan energi reaksi kimia pada aki menjadi energi listrik. Reaksi katoda dan anoda pada aki, dengan katalisator H2SO4, akan menghasilkan arus listrik.
  6. Perubahan energi listrik menjadi energi cahaya dan panas pada bolam lampu. Listrik yang mengalir akan menyebabkan filamen memanas. Dan pada suhu yang sangat tinggi, filamen akan menghasilkan cahaya dengan panjang gelombang tertentu.

Masih ada banyak lagi contoh perubahan energi yang terjadi di alam dan disekeliling kita. Dan semua itu menjadi bukti bahwa energi dapat berubah bentuk atau berpindah.

Selanjutnya : Memilih Tema yang Cocok untuk Kultum
Sebelumnya: Mitos Cuci Motor Saat Mesin Masih Panas
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar