Generator, Mengubah Energy Mekanik Menjadi Energy Listrik

Bagaimana cara merubah energy mekanik menjadi energy listrik? Alat apa yang biasa digunakan untuk memasok energy listrik jika aliran listrik dari PLN sedang padam? Tentu jawabannya adalah generator atau yang lebih dikenal dengan dynamo. Biasanya di pusat perbelanjaan, fasilitas umum, fasilitas pelayanan kesehatan atau tempat-tempat lain menggunakan generator sebagai cadangan energi yang harus selalu ada untuk mengantisipasi pemadamam listrik yang terjadi secara tiba-tiba agar tidak mengganggu aktifitas.
Tentu tidak menyenangkan bukan, jika listrik padam di tempat atau fasilitas umum. Terutama jika pemadaman listrik terjadi di rumah sakit yang banyak menggunakan alat elektronik untuk proses pengobatan. Pasti sudah terbayang bagaimana dampak buruknya. Namun kini tidak perlu khawatir, karena sudah banyak digunakan generator.

Apa Itu Generator ?

Generator adalah alat yang bisa memproduksi energi listrik yang berasal dari energi mekanik. Biasanya dipergunakan induksi elektromagnetik untuk proses pengubahannya. Rangkain proses perubahan ini dikenal dengan sebutan pembangkit listrik. Cara kerja generator adalah dengan cara mendorong muatan-muatan listrik untuk bisa bergerak melintasi sirkuit eksternal. Dengan begitu, maka energy listrik bisa diciptakan dari energy mekanik yang digunakan. Sumber energy mekanik yang bisa digunakan misalnya turbin angin, turbin uap, energy matahari, alat putaran tangan, ataupun menggakan sumber-sumber energy mekanik lainnya.

Awal Mula Generator

Adalah Micheal Faraday, seorang ilmuwan yang berhasil menemukan generator untuk pertama kali pada tahun 1831. Generator pertama yang ditemukan saat itu adalah generator elektromagnetik , karena memanfaatkan medan magnet untu bisa menghasilkan arus listrik. Generator pertama itu disebut dengan cakram Faraday, karena generator dibuat menggunakan cakram tembaga. Meski dinilai memiliki banyak kekurangan, generator Faraday menjadi awal mula pengembangan generator yang lebih baik. Setahun kemudian, dikembangkan generator listrik atau disebut dengan dynamo yang memanfaatkan putaran energy mekanik menjadi arus listrik. Dynamo in dibuat oleh Hippolyte Pixii, yang berasal dari Prancis.

Pengembangan terus dilakukan dari tahun ke tahun, dan akhirnya untuk pertama kali generator dipublikasikan secara komersil di Paris,Prancis pada tahun 1870 oleh Zenobe Gramme. Dan kini manfaat dari generator yang mengubah energy mekanik menjadi energy listrik bisa kita rasakan sampai saat ini berkat jasa para ilmuwan yang menemukan dan terus mengembangkannya.

Selanjutnya : Pengertian CPU Komputer
Sebelumnya: Pengaruh Peradaban Yunani Kuno Terhadap Peradaban Dunia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...