Kabupaten Enrekang Kota


Enrekang Kota atau Kota Enrekang adalah nama ibu kota kabupaten Enrekang. Secara geografis  kota ini terletak di wilayah provinsi Sulawesi Selatan. Luas wilayah Kabupaten Enrekang  kira-kira 1.786,01 kilometer persegi.

Sekilas Tentang Kabupaten Enrekang

Jumlah penduduknya sekitar 190.579 jiwa. Budaya lokal yang ada di Kabupaten Enrekang sangatlah khas karena wilayah ini dihuni tiga suku besar, antara lain Bugis, Mandar, dan masyarakat Tana Toraja.

Kabupaten ini terbentuk dari beberapa kerajaan kecil yang bergabung sejak abad ke-17. Dahulu wilayah Enrekang disebut Massenrempulu yang memiliki arti menyusuri bukit, karena kawasannya yang dipadati perbukitan dan pegunungan.

Mulanya ada tujuh kerajaan yang bergabung, namun pecah menjadi lima saja. Sebelum berubah menjadi Kabupaten Enrekang, kabupaten ini disebut Kabupaten Massenrempulu.

Banyak objek wisata terkenal di Enrekang Kota. Salah satunya yang paling terkenal adalah Gunung Buttu Kabobong. Gunung ini memiliki bentuk yang unik, menyerupai kemaluan wanita sehingga disebut Gunung Nona. Wisatawan dapat menikmati pemandangannya sebelum menuju Tana Toraja.

Kemajuan ekonomi Enrekang sebagian besar ditunjang dari investasi swasta. Pembangunan infrastuktur dan perbaikan pariwisata banyak menarik investor untuk menanam modalnya. Investasi yang terus mengalir telah banyak membuka lapangan kerja dan menunjang kegiatan perekonomiannya.

Wilayah administratif Kabupaten Enreang secara resmi dibentuk pada 19 Februari 1960 dan H. Andi Balda Mangopo dilantik menjadi bupati pertama. Kabupaten ini juga disebut sebagai Daswati II Enrekang. Kabupaten Enrekang terbagi menjadi 12 kecamatan dan 112 desa atau kelurahan.

Budaya tradisional di Enrekang Kota dipengaruhi oleh etnis Massenrempulu. Karena adat istiadat dan budaya yang mulai tergerus modernisasi, maka pada tahun 2008 diadakan Temu Adat Massenrempulu untuk menentukan langkah pelestarian budaya tradisional. Terdapat tiga bahasa daerah, yaitu bahasa Duri, Enrekang, dan Maiwa.

Selain eksotika budaya, wisata dan panorama alam yang indah, Kabupaten Enrekang juga memiliki keunikan dari sajian kuliner daerahnya. Makanan tradisional, seperti dangke, nasu cumba baje lotu dan masih banyak lagi akan memanjakan lidah wisatawan. Dengan mengunjungi Enrekang, maka akan banyak ditemui keunikan lain yang sulit ditemui di wilayah lain.

Semoga informasi tentang Kabupaten Enrekang ini menambah wawasan Anda.

Selanjutnya : Pentingnya Memperkenalkan Pertunjukan Wayang kepada Anak
Sebelumnya: Keamanan Mengendarai Motor bagi Remaja
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar