Enzim-enzim yang Dihasilkan Kelenjar Pankreas


Tahukah Anda enzim-enzim yang dihasilkan kelenjar pankreas? Sebelum membahasnya, kita cari tahu dulu tentang apa itu pankreas. Pankreas adalah sebuah organ berupa kelenjar yang memiliki panjang kurang lebih 12,5cm dengan tebal sekitar 2,5cm. Kelenjar ini bentuknya terbentang dari bagian atas hingga ke lengkungan besar dari daerah perut yang biasanya terhubung oleh 2 saluran ke usus 12 jari atau duodenum.

Bagian-bagian Pangkreas

Pankreas diklasifikasikan menjadi dua bagian besar, yakni kelenjar endokrin dan kelenjar eksokrin. Sementara itu, organ ini terdiri atas beberapa bagian, yaitu kepala pankreas, badan pankreas, dan ekor pankreas. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Kepala Pangkreas

Kepala pankreas adalah bagian terlebar dalam pankreas yang berada di bagian kanan rongga abdomen, di bagian dalam lekukan usus 12 jari, serta bagian yang melingkarinya.

Badan Pangkreas

Badan pankreas adalah bagian utama dalam kelenjar pankreas. Bagian badan ini berada di daerah belakang organ lambung dan juga di bagian depan vertebra lumbalis pertama.

Ekor Pangkreas

Ekor pankreas adalah bagian yang bentuknya runcing dalam pankreas. Ekor pankreas terletak di bagian kiri dan juga menyentuh bagian limpa.

Kandungan Enzim dalam Kelenjar Pangkreas

Di dalam getah pankreas terkandung sejumlah enzim untuk pencernaan ketiga macam makanan utama, yaitu protein, karbohidrat, dan juga lemak. Pankreas pun di dalamnya terdapat ion bikarbonat yang jumlahnya cukup banyak. Ion ini berperan penting untuk menetralkan kimus asam yang diproduksi lambung ke dalam duodenum.

Dalam hal ini, enzim-enzim proteolitik yaitu tripsin, enzim kimotrispin, enzim karboksipeptidase, enzim ribonuklease, dan enzim deoksiribonuklease. Tripsin, kimotripsin, dan karboksipeptidase berfungsi memecahkan secara keseluruhan juga secara parsial protein yang sudah dicerna. Sementara itu, nuklease berfungsi memecahkan atau memisahkan dua jenis asam nukleat, yaitu asam ribonukleat dan juga deoksinukleat.

Lalu, enzim pencernaan untuk unsur karbohidrat yaitu amilase pankreas. Enzim ini menghidrolisis pati, glikogen, dan juga sebagian karbohidrat  yang lain selain selulosa untuk pembentukan karbohidrat.

Sementara itu, enzim yang berkaitan dengan pencernaan lemak yaitu lipase pankreas. Enzim ini menghidrolisis lemak yang netral menjadi gliserol, kolesterol esterase, serta asam lemak. Proses ini mengakibatkan hidrolisis ester-ester kolesterol.

Nah, itulah sejumlah ezim yang dihasilkan kelenjar pankreas. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya : Tips Membuat Es Buah yang Sederhana
Sebelumnya: Amilase, Enzim untuk Pencernaan Karbohidrat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar