Pengertian Enzim Katalase Wikipedia


Wikipedia adalah salah satu situs yang banyak dikunjungi selain dari beberapa alamat situs yang begitu terkenal saat ini. Di dalam wikipedia ini terdapat banyak informasi mengenai segala aspek pengetahuan. Banyak hal yang dibahas di dalam situs ini termasuk adalah bagaimana menjelaskan pengertian enzim katalase.

Enzim Katalase dalam Wikipedia

Pengertian enzim katalase adalah senyawa yang dapat  diproduksi oleh makhluk hidup sendiri, seperti hewan, tumbuhan ,dan juga manusia. Enzim ini diproduksi karena memiliki fungsi yang penting dalam mendukung kerja dari organisme itu sendiri. Enzim dikelompokan berdasarkan klasifikasi tertentu, yaitu fungsi enzim, susunan gugus dari enzim, tingkat kelarutan, dan juga struktur tiga dimensi dari enzim itu sendiri.

Enzim katalase menjadi salah satu enzim yang memiliki peran yang penting yaitu sebagai pengurai dari senyawa H2O2 atau hidrogen peroksida, di mana ketika senyawa ini dibiarkan tidak terurai maka akan menjadi senyawa yang beracun dan membahayakan tubuh.

Selain itu, keberadaan senyawa ini yang terus menumpuk akan menyebabkan terjadinya radikal bebas, yang kemudian dapat membuat rusak  membran sel dan hingga  memicu timbulnya penyakit tertentu seperti kanker dan juga arterosklerosis. Penguraian senyawa hidrogen peroksida ini dilakukan sehingga menghasilkan senyawa oksigen dan air.

Keberadaan dari enzim katalase ini ada di dalam tulang, ginjal, membran mukosa,  dan hati. Ketika melakukan aktifitas, enzim katalase dapat kita temukan di dalam daerah mitokondria, peroksosom, dan juga terdapat di dalam sitoplasma.

Kekurangan enzim katalase memang dapat terjadi. Keadaan ini sebenarnya sangat membahayakan bagi tubuh manusia, karena kekurangan enzim katalase akan menyebabkan timbulnya beberapa penyakit tertentu. Penyakit yang disebabkan oleh kekurangan dari enzim katalase ini adalah akatalasia, yaitu kelainan darah yang menyebabkan gusi dan bagian mulut lainnya lebih mudah untuk mengalami luka.

Penyakit lainnya adalag vitiligo, yaitu penyakit sejenis penyakit kulit yang menyebabkan timbulnya bercak putih di beberapa bagian dari tubuh. Vitiligo ini menunjukan bahwa produksi dari enzim katalase tidak seimbang dengan keberadaan garis senyawa hidrogen peroksida yang ada di dalam tubuh.

Selain itu, rambut beruban juga menunjukan produksi enzim katalase yang kurang, sehingga menimbulkan ketidakmampuan melamin untuk menghasilkan pigmen rambut hitam. Itulah pembahasan mengenai pengertian enzim katalase yang ada di dalam situs wikipedia.

Selanjutnya : Kelebihan Event Organizer untuk Penyelenggaraan Suatu Acara
Sebelumnya: Sistem Akuntansi Manufaktur
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar