Berbagai Enzim Pada Makanan

Enzim pada makanan. Manusia hidup membutuhkan makanan sebagai sumber energi yang digunakan untuk beraktivitas. Makanan menjadi kebutuhan primer semenjak manusia belum mengenal tulisan. Makanan pada hakikatnya adalah sebuah bentuk energi yang diam kemudian melalui proses dicerna oleh manusia kemudian makanan tersebut berubah menjadi energi lain yang berguna bagi tubuh. Awalnya manusia makan hanya sebagai bentuk pertahanan diri agar tetap hidup, namun pada perkembangannya manusia mulai menyadari arti dibalik makanan tersebut. Ada pepatah mengatakan bahwa anda adalah apa yang anda makan. Kini kandungan gizi dalam makan sangat diperhatikan.

Enzim Pada Makanan dan Fungsinya

Seperti disebutkan diatas makanan pada dasarnya adalah energy, yang kemudian energy tersebut berubah menjadi bentuk lain karena aktivitas pencernaan. Dalam proses pencernaan makanan masuk kedalam tubuh dan dicerna pertama kali oleh mulut kemudian dilanjutkan ke usus lalu kemudian sisa pencernaan dibuang. Dalam setiap proses pencernaan diatas selalu melibatkan enzim sebagai pemecah nutrisi agar mudah diserap oleh tubuh. Tidak mungkin bukan makanan dalam bentuk tersebut kemudian diserap bulat-bulat. Lalu sebenarnya enzim apa sajakah yang berperan dalam pencernaan manusia? mari kita telisik bersama.

Enzim adalah zat kimia yang membantu proses pemecahan bahan makanan, enzim pada makanan ini dihasilkan oleh pencernaan saat terjadi proses cerna. Enzim pertama yang bekerja pada makanan adalah enzim Ptyalin. Enzim ini  bekerja saat proses pencernaan berlangsung di mulut. Enzim ini terdapat dalam ludah yang dihasilkan oleh kelenjar ludah dan bertugas mengubah karbohidrat dalam makan menjadi glukosa.

Tempat Produksi Enzim Pada Makanan

Kemudian enzim kedua adalah enzim amylase yang dihasilkan oleh kelenjar ludah dan pancreas. Enzim ini bertugas memecah molekul amilum menjadi  maltose yang ebih sederhana sehingga mudah dicerna. Ketika makanan memasuki usus dua belas jari enzim yang bekerja adalah enzim Maltase. Enzim ini bertugas memecah molekul maltose yang tadi ada menjadi glukosa. Molekul glukosa lebih ringan dan kecil dibanding Maltosa sehingga mudah diserap ke bagian tubuh yang membutuhkan.

Enzim selanjutnya adalah enzim Pepsin yang dihasilkan di lambung untuk memecah protein menjadi pepton. Setelah diubah menjadi pepton yang mudah dibawa dalam darah, enzim Tripsin kembali mengubah protein berupa amino dan pepton kembali menjadi protein. Enzim tripsin diproduksi dalam pancreas. Enzim Renin dalamlambung juga ikut membantu dengan mengendapkan kasein atau protein susu agar dapat dicerna. Pasti anda pernah mendengar HCL, asam dalam lambung ini bertugas membunuh mikroba tertentu yang ada dalam makanan. Itulah tadi beberapa enzim pada makanan.

Selanjutnya : Biaya Les di Internasional Design School - LaSalle College dan Bunka School
Sebelumnya: Fenomena Manusia Pohon Dede
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...