Enzim Peptida

Enzim peptida adalah gabungan dari dua atau lebih asam amino yang membentuk sebuah molekul. Jika molekul yang terbentuk dari asam amino tidak lebih dari 50 asam amino maka disebut peptida. Namun jika lebih dari 50 asam amino yang membentuk molekul tersebut maka disebut dengan protein.

Enzim ini merupakan salah jenis enzim yang ada di dalam tubuh kita dan berfungsi sebagai proses reaksi biokmia di dalam tubuh. Ikatan peptida baru akan terjadi jika gugus karboksil dari asam amino lain mengikat nitrogen dari asam amino yang lainnya.
Bentuk dari asam amino bisa berupa enzim, reseptor, antibiotik, dan hormon. Sedangkan reaksi terpenting dari asam amino adalah terjadinya ikatan peptida.

Loading...

Sintesis Peptida

Proses sintesis peptida bisa dilakukan dengan cara menggabungkan gugus amina pada asam amino dengan gugus karboksil pada asam amino yang lainnya. Proses sintesis ini biasa dimulai dari gugus karbosil yakni C-terminus menuju ke gugus amin yakni N-terminus.
Proses seperti ini biasa terjadi pada setiap mahkluk hidup secara alami. Meskipun demikian, bukan berarti sintesis peptida bisa terjadi begitu saja dengan mencampurkan asam amino. Sebagai contoh adalah pencampuran glutamin dengan serine yang menghasilkan polipeptida.

Agar asam amino membentuk ikatan sesuai dengan yang diinginkan maka perlu dilakukan sebuah kontrol. Dengan demikian asam amino bisa berikatan dengan terkendali.

Kelas Peptida

Kelas peptida dibedakan berdasarkan adanya unsur kesamaan atau kemiripan pada fungsi dan strukturnya. Berikut adalah beberapa kelas tersebut.

Peptida Ribosomal

Peptida ini diperoleh dari translasi mRNA yang disintesis. Peptida ribosomal berfungsi sebagai molekul signal sekaligus hormon pada organisme tingkat tinggi. Pada umumnya, peptida ribosomal memiliki struktur linear.

Peptida non-Ribosomal

Peptida ini diperoleh dari kompleks enzim yang disintesis. Peptida non-Ribosomal biasanya terdapat pada jamur, tanaman, dan organisme uniseluler. Selain itu, peptida yang satu ini memiliki struktur dari intinya yang cukup kompleks dan memiliki pengaturan yang berbeda-beda dalam melakukan manipulasi proses kimia untuk menciptakan suatu produk. Peptida ini memiliki bentuk siklik namun ada juga yang linear

Peptida Hasil Digesti (Digested peptides)

Dihasilkan dalam siklus digesti dari hasil proteolisis non-spesisfik. Peptida ini merupakan ribosomal tetapi tidak terbentuk dari mRNA dan juga dapat dibentuk dari protein.

Semoga sedikit pengetahuan tentang enzim peptida ini mampu menanmbah pengetahuan kita tentang enzim yang satu ini. Selamat belajar.

Loading...
Selanjutnya : Download Lagu Keroncong Stasiun Balapan
Sebelumnya: Pengertian Pupuk Kandang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar