Amilase, Enzim untuk Pencernaan Karbohidrat


Pernahkah Anda berpikir tentang bagaimana cara kerja tubuh dalam mencerna makanan yang Anda konsumsi?  Tubuh sebenarnya memiliki sistem pencernaan yang teratur dan terkontrol. Pencernaan inipun dibantu oleh zat bernama enzim, salah satu contohnya adalah enzim untuk pencernaan karbohidrat. Tapi, apakah yang dimaksud dengan enzim?

Pengertian Enzim

Enzim adalah zat sejenis protein yang ada di dalam tubuh dan memiliki fungsi sebagai katalis, artinya enzim mampu mempercepat reaksi dalam sistem pencernaan. Di dalam tubuh kita, ada banyak jenis enzim yang mungkin belum Anda ketahui, salah satunya adalah amilase atau yang juga disebut ptialin.

Amilase adalah enzim yang khusus bertugas untuk mengurai atau mencerna karbohidrat dalam makanan yang masuk ke dalam tubuh. Enzim ini bisa ditemukan pada air liur yang ada di mulut.

Saat makanan masuk ke mulut dan kita mengunyahnya, itu sudah termasuk dalam proses pencernaan makanan. Tanpa kita sadari, enzim-enzim dalam air liur kita mulai bekerja. Mereka mengurai zat tepung atau pati yang terkandung dalam makanan, memecah rantai-rantai panjang karbohidrat menjadi molekul yang lebih sederhana seperti maltosa.

Cara Kerja Amilase

Pemecahan karbohidrat menjadi molekul yang lebih sederhana ini tentu saja bukan tanpa tujuan. Hal ini dilakukan agar sari-sari makanan dari apa yang kita konsumsi bisa diserap dengan baik oleh tubuh.

Proses kerja enzim amilase di dalam mulut tergolong singkat, apalagi bila kita mengunyah makanan dengan cepat, sehingga makanan tersebut ditelan dan berpindah tempat ke kerongkongan. Walau begitu, bukan berarti enzim amilase berhenti bekerja.

Saat makanan masuk kerongkongan dan menuju lambung, enzim ini terus melakukan tugasnya dalam mengurai karbohidrat. Barulah ketika makanan masuk ke dalam lambung, enzim ini mulai berhenti bekerja.

Hal ini disebabkan lambung memiliki pH yang sangat asam, sedangkan amilase tidak akan bekerja optimal pada pH asam tersebut. Namun, pemecahan karbohidrat terus berlanjut dan diteruskan oleh amilase yang diproduksi oleh pankreas.

Demikian penjelasan singkat tentang enzim untuk pencernaan karbohidrat. Ada baiknya ketika kita mengunyah makanan, jangan terlalu cepat atau terburu-buru. Semakin lama kita mengunyah, maka makanan akan semakin halus.

Hal ini bisa mempermudah sekaligus mempercepat kinerja enzim dalam mengurai karbohidrat makanan agar bisa diserap dengan sempurna oleh tubuh.

Selanjutnya : Enzim-enzim yang Dihasilkan Kelenjar Pankreas
Sebelumnya: Energi Matahari dan Penggunaannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar