Mengenal Enzim yang Dihasilkan oleh Organ Tubuh di Pencernaan


Tuhan membekali tubuh manusia dengan berbagai organ tubuh. Setiap organ bekerja secara otomatis dan saling bekerja sama satu sama lain. Bahkan, organ tubuh juga memproduksi zat-zat untuk mendukung fungsinya yang disebut dengan enzim.

Pada pemrosesan makanan, misalnya, enzim yang dihasilkan oleh organ tubuh di pencernaan mencapai 22 enzim. Enzim ini diproduksi melalui kelenjar di bagian mulut (ludah), pankreas, empedu, lambung, hingga usus halus.

Secara definisi, enzim pencernaan adalah protein yang membantu semua kerja organ pencernaan untuk membelah, mengisolasi, sampai pada tahap penyerapan zat-zat makanan.

Kerja organ ini bertahap. Sebab, organ merupakan kumpulan dari bagian di tubuh yang memiliki sebuah fungsi kerja. Oleh karena itu, proses pencernaan dimulai dari mulut, masuk ke kerongkongan, dan nanti berakhir sampai di usus. Selama perjalanan pemrosesan makanan, enzim membantu melancarkan kegiatan tersebut.

Menilik dari banyaknya enzim yang bekerja pada organ pencernaan, ada beberapa enzim utama. Enzim tersebut adalah:

1. Ptialin. Enzim ini berguna dalam mengubah karbohidrat menjadi glukosa atau bentuk gula lain  menjadi bentuk senyawa sederhana. Ini terjadi di mulut.

2. Pepsinogen. Guna enzim pepsinogen adalah mengubah diri menjadi pepsin dan memecah protein menuju bentuk peptida dan asam amino. Proses ini terjadi di lambung.

3. Asam klorida. Seluruh benda yang masuk ke lambung, akan disterilkan oleh enzim ini. Enzim yang juga dikenal dengan asam lambung tersebut mampu membunuh sisa bakteri dan virus yang ada di makanan.

Selain itu juga melakukan proses denaturasi protein dan mengaktifkan pepsinogen agar menjadi pepsin.

4. Lipase. Enzim lipase mampu mengubah lemak menjadi bentuk asam lemak dan gliserol. Prosesnya terjadi di mulut dan pankreas.

5. Amilase. Fungsi amilase yaitu mengubah karbohidrat menjadi gula sederhana. Produksi enzim ini ada di pankreas.

6. Sukrase. Fungsi enzim ini adalah melakukan penguraian pada sukrosa menjadi bentuk glukosa dan fruktosa. Produksi enzim terjadi di usus halus.

7.  Laktase. Masih di usus halus, enzim laktase berguna melakukan penguraian laktosa yang ada di dalam susu.

8. Maltase. Enzim di usus halus ini bermanfaat mengurai maltosa menjadi glukosa.

Itulah enzim yang dihasilkan oleh organ tubuh di pencernaan. Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar akan menjadi normalisasi kerja enzim.

Selanjutnya : Sistem Pemerintahan yang Dianut Masa Orde Lama
Sebelumnya: Nama Orang Sukses Tanpa Gelar Akademis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar