Esensi Intisari Undang-Undang No. 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja


Esensi Intisari Undang-undang No.1 Tahun 1970 adalah mengenai Keselamatan Kerja para pekerja yang berlaku di tempat kerja ketika karyawan melakukan pekerjaan. Undang-undang tersebut dikeluarkan untuk melindungi keselamatan para pekerja. Aturan tersebut merupakan aturan dasar yang resmi dan baku serta wajib dipatuhi oleh seluruh warga negara Indonesia yang patuh dan sadar hukum.

Pada Undang-undang No. 1 tahun 1970 tersebut secara jelas ditunjukkan betapa penting memberi jaminan keselamatan kerja bagi seluruh manusia yang berada di lapangan kerja. Jaminan keselamatan memang sangat dibutuhkan dalam bekerja karena nyawa merupakan sesuatu yang amat penting bagi kehidupan semua orang.

Seseorang bekerja karena mengharapkan kompensasi dalam bentuk gaji atau upah. Sebab kompensasi ini dibutuhkan untuk membiayai kehidupan baik diri sendiri maupun keluarga jika telah berkeluarga. Tak ada orang yang ingin mengalami kecelakaan ketika bekerja. Semuanya pasti berharap selamat dan dapat bekerja secara optimal demi memperoleh bayaran.

Demi tercapainya keselamatan kerja, ada banyak hal yang perlu dilaksanakan, tentu saja setiap hal berkenaan dengan bidang kerja dan lokasi kerja dari pekerjaan tersebut. Contoh yang berhubungan dengan tempat kerja telah dijelaskan pada pasal undang-undang keselamatan kerja, yaitu:

Selain tempat kerja, keselamatan kerja juga berhubungan dengan berbagai perlatan yang dipakai selama melakukan pekerjaan. Hal ini penting untuk diperhatikan karena pemakaian peralatan lebih memiliki risiko terjadinya kecelakaan dalam bekerja yang artinya merupakan ancaman pada keselamatan kerja dari pekerja itu sendiri.

Seperti telah diketahui, beberapa industri memakai mesin yang mengadopsi teknologi tinggi. Sehingga dalam situasi demikian sangat diperlukan pengenalan tentang prosedur pengoperasian setiap mesin yang dipakai. Tujuan pengenalan tersebut adalah untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang menimpa pekerja. Sebab risiko tersebut memang masih sering terjadi dalam dunia kerja.

Undang-undang no. 1 tahun 1970 ini memperlihatkan perhatian yang besar dari pemerintah dalam mengusahakan jaminan keselamatan kerja pada setiap pekerja. Namun undang-undang hanyalah sekedar undang-undang jika perusahaan tak tergerak untuk mematuhi peraturan yang ada dan pekerja tidak berani menuntut jaminan keselamatan kerja bagi dirinya tersebut. Maka dari itulah dibutuhkan kerja sama dari semua pihak dalam pengimplementasian undang-undang tersebut. Demikianlah esensi intisari undang-undang No. 1 tahun 1970.

Selanjutnya : Sinopsis Buku Kumpulan Puisi
Sebelumnya: Mendesain Model Baju Futsal
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar