Langkah-langkah Melakukan Facial Wajah di Rumah

Ingin tahu langkah-langkah melakukan facial wajah di rumah? Kebanyakan wanita menginginkan dirinya tampil cantik dan menarik. Oleh karena itu, biasanya para wanita selalu melakukan perawatan tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki. Perawatan tubuh dan kulit ini selain untuk kecantikan juga untuk kesehatan.

Ada banyak cara untuk merawat kecantikan. Salah satunya adalah melakukan facial wajah. Facial tersebut bisa dilakukan di salon kecantikan atau bisa juga dilakukan di rumah. Berikut ini akan dibahas mengenai facial dan langkah-langkah melakukan facial wajah di rumah.

Loading...

Pengertian dan Manfaat Facial

Salah satu perawatan wajah yang umumnya dilakukan untuk menjaga kebersihan kulit wajah dan menjaga kesehatan kulit adalah dengan melakukan facial. Facial ini tidak hanya dilakukan oleh para wanita, tapi laki-laki juga melakukan facial untuk kebersihan wajah mereka. Kita melakukan facial agar memperoleh manfaatnya yang baik untuk kulit jika dilakukan secara teratur.

Apalagi saat ini debu dan polusi sudah semakin mengkhawatirkan, sehingga akan berdampak pula pada kulit kita. Kulit akan cepat kusam dan terjadi regenerasi kulit yang dapat mengakibatkan penuaan dini. Oleh karena itu, cara agar kulit kita tetap sehat, bersih, kencang, dan terlihat segar adalah dengan melakukan perawatan pada kulit wajah kita.

Namun sebelum melakukan facial, ada baiknya kita berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter ahli yang biasanya ada di salon kecantikan tentang masalah apa saja yang ada pada kulit wajah kita. Sebab, masalah pada kulit setiap orang berbeda. Seorang ahli tentu sangat berkompeten dalam memberikan facial wajah yang benar pada kulit kita. Peralatan yang digunakan untuk facial juga harus bersih.

Melakukan Facial di Rumah

Facial tidak hanya bisa dilakukan di salon kecantikan, tapi bisa juga dilakukan di rumah oleh kita sendiri. Melakukan facial di rumah sangat mudah dan cepat. Selain itu, bisa menghemat uang kita. Langkah-langkah melakukan facial di rumah di antaranya sebagai berikut.

  • Siapkan peralatan facial seperti bando agar rambut tidak terurai ke wajah, handuk, waslap, air hangat, air bersih, kapas, dan pembersih wajah.
  • Bersihkan wajah dengan susu pembersih wajah dan sabun wajah secara merata. Jenis pembersih yang akan dipakai harus sesuai dengan jenis kulit kita.
  • Urut kulit wajah dan tekan secara lembut agar kulit mati terangkat. Daerah T pada wajah adalah bagian yang harus mendapatkan perhatian lebih, yaitu daerah dahi dan hidung, karena biasanya daerah ini paling banyak tumbuh komedo dan sel kulit mati.
  • Untuk mengangkat komedo pada wajah bisa menggunakan alat pembersih komedo.
  • Setelah wajah bersih, kompreslah wajah dengan air hangat menggunakan handuk.
  • Pakailah masker secara merata pada wajah dan leher, kecuali lingkaran mata dan mulut, gunanya untuk membersihkan dan menghaluskan wajah. Maskeran ini dilakukan selama sekitar 1 jam. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat menggunakan waslap.

Demikian langkah-langkah melakukan facial wajah di rumah semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : 4 Jenis Penyakit Gigi yang Mematikan
Sebelumnya: 5 Jenis Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar