Fakta atau Mitos: Apakah Telur Penyebab Bisul?

Apakah telur penyebab bisul? Satu pertanyaan yang juga sependapat dengan pernyataan orang tua bahwa “Jangan makan telur jika tak ingin bisul.” Pernyataan tersebut entah datang dari mana dan entah atas dasar apa. Namun kenyataannya, banyak pengidap bisul yang kemudian enggan untuk makan telur. Kenyataan lain juga bahwa, umumnya mereka yang gampang terserang bisul akan kembali terserang beberapa saat setelah makan telur. Apakah kejadian ini memang diakibatkan leh telur atau hanya kebetulan?

Bisul

Apakah Telur Penyebab Bisul? Bisul merupakan salah satu infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri. Tandanya adalah terjadinya benjolan di permukaan kulit (seperti bentol besar namun terkadang mirip bentol kecil) dan terasa sakit saat tersentuh. Karena penyebabnya bakteri, bisul akan tumbuh karena seseorang kurang menjaga kebersihan diri. Penyebab utama bisul adalah bakteri  stafilokokus, namun tak jarang juga disebabkan oleh jamur atau bakteri lainnya.

Bisul bisa saja terjadi karena seseorang menggaruk bagian kulit hingga lecet (baik besar atau kecil). Kelecetan kulit inilah yang kemudian memudahkan bakteri untuk masuk berkembang dan merusak jaringan kulit. Hidup dan berkembangnya bakteri di jaringan kulit akan dianggap sebagai benda asing. Karenanya sistem imun tubuh akan bereaksi untuk menyerang dan mengusir benda yang dianggap asing tersebut. Karenanya, bagian tubuh yang terserang bisul akan tampak kemerahan sebelum akhirnya terlihat putih kekuningan yang disebut nanah.

Jika jaringan nanah telah terbentuk, bisul biasanya akan pecah sendiri karena lapisan permukaan kulit menjadi lembek. Pecahnya bisul atau keluarnya nanah ini biasanya akan diikuti oleh mengalirnya darah sebagai tanda adanya kerusakan jaringan peredaran darah pada bagian tersebut.

Fakta dan Mitos

Apakah Telur Penyebab Bisul? Uraian di atas bisa dianggap sebagai fakta medis dari penyebab bisul. Fakta lainnya, bahwa bisul bisa juga disebabkan karena faktor kekurangan gizi. Kurangnya gizi secara medis bisa menyebabkan kurang atau lemahnya daya tahan tubuh. Kondisi inilah yang menyebabkan tubuh menjadi rentan terhadap serangan penyakit, termasuk bakteri atau jamur kulit.

Lalu, bagaimana dengan jawaban atas pertanyaan apakan telur penyebab bisul? Dalam kehidupan sehari-hari, telur memang dikenal sebagai makanan yang mengandung protein berkualitas. Namun di sisi lain, telur dianggap juga sebagai makanan yang seringkali menimbulkan alergi. Alergi disebut juga reaksi abnormal tubuh terhadap zat asing (alergen). Reaksi alergi yang disebabkan oleh telur biasanya terjadi pada penderita dermatitis atopik (eksema).

Beberapa individu, khususnya anak yang memiliki hipersensitifitas terhadap makanan tertentu khususnya telur, memang bisa mengakibatkan beragam gejala, saah satunya adalah bisul. Namun karena kasusnya tidak terlalu banyak dan umumnya menyerang pada anak yang belum divaksin, maka wajar kiranya jika kemudian ada pendapat yang mengatakan bahwa telur penyebab bisul adalah mitos.

Selanjutnya : Alat Optik Proyektor
Sebelumnya: Apa Alamat untuk Edit Photo Selain dari Pizap?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...