Mengenal Faktor-faktor Penghambat Komunikasi


Komunikasi merupakan cara kita untuk bersosialisasi dengan orang lain. Tetapi tidak semua orang bisa berkomunikasi dengan baik dan adakalanya komunikasi kita dengan orang lain tidak berjalan mulus. Jika demikian kita harus meminimalkan komunikasi yang tidak baik dengan mengenal faktor-faktor penghambat komunikasi. Siapa tahu penyebab komunikasi yang buruk dengan orang lain dikarenakan ada faktor penghambat.

Berkomunikasi memang mudah, tetapi sebenarnya tidak semudah yang dibayangkan. Seringkali kita mengalami konflik dengan orang lain dikarenakan kesalahan dalam berkomunikasi. Komunikasi tidak hanya sekadar menyampaikan pesan dan berbicara satu sama lain, tetapi lebih dari itu komunikasi juga berbagi makna dengan orang lain supaya saling memahami.

Ada beberapa faktor penghambat komunikasi yang harus kita ketahui supaya komunikasi kita dengan orang lain bisa berjalan lebih baik lagi. Bukan tidak mungkin faktor penghambat dalam komunikasi justru yang Anda pelihara sehingga sering terjadi salah paham. Berikut beberapa faktor penghambat dalam komunikasi.

Bahasa Nonverbal

Banyak yang menyepelekan bahasa nonverbal, padahal hapir 64% keberhasilan komunikasi itu ditentukan dari bahasa nonverbal. Terkadang ketika berkomunikasi dengan orang lain kita lupa dengan bahasa nonverbal. Dengan kata lain pada saat berbicara dengan orang lain kita tidak melihat bahasa nonverbalnya atau kita mengabaikan bahasa nonverbal yang diberikan pada kita.

Mendominasi Pembicaraan

Berkomunikasi itu menyampaikan pesan satu sama lain, bukan sebaliknya. Komunikasi itu harus dua arah bukan satu arah. Seringkali kita melihat ada sebagian orang yang cenderung mendominasi pembicaraan, sehingga tidak memberi kesempatan orang lain untuk berbicara. Seringkali juga hanya ingin selalu didengar tetapi tidak ingin mendengarkan orang lain. Sikap ini bila dipelihara akan sangat berbahaya.

Bersikap Defensif

Belum apa-apa kita terkadang suka bertahan dulu dengan pendapat, asumsi, pikiran, dan nilai yang kita anut, sehingga pendapat atau perkataan orang lain kita anggap tidak sesuai. Kita berkomunikasi tidak harus selalu sesuai dengan apa yang kita yakini. Terkadang kita berkomunikasi untuk memberikan dan menerima informasi dari orang lain. Tidak selamanya apa yang kita yakini itu benar, demikian halnya dengan orang lain.

Itulah sedikit ulasan mengenai faktor-faktor penghambat komunikasi yang perlu kita waspadai. Jangan sampai semua faktor tersebut ada dalam diri kita dan terus kita pelihara. Berkomunikasilah dengan baik dan bersahabat sehingga semua orang akan senang berbicara dengan kita.

Selanjutnya : Cara Membuat Tas dari Bahan Bekas
Sebelumnya: Seperti Apa Contoh Struktur Organisasi Perusahaan Manufaktur
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar