Faktor Penyebab Penyakit Flu Burung


Penyakit flu burung atau flu unggas yang disebut juga sebagai bird flu or avian influenza merupakan suatu penyakit menular yang disebabkan oleh virus influenza tipe A dan penularannya dilakukan oleh unggas. Penyakit flu burung yang disebabkan oleh virus bernama Avian influenza jenis H5N1 pada unggas telah menjangkiti berbagai negara seperti Vietnam, Jepang, Thailan, Cina, Pakistan dan termasuk Indonesia.

Apakah Faktor Penyebab Penyakit Flu Burung?

Sejak 2004 di Indonesia telah terjadi banyak kematian ayam ternak di daerah Bali, Botabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan Kalimantan Barat. Bermula dari laporan warga yang merasa aneh dengan kematian mendadak hewan ternak unggasnya.  Hingga saat ini, kasus flu burung tak hanya menyerang hewan unggas saja, tetapi juga menyerang pada anak-anak serta remaja hingga menyebabkan kematian.

Banyak faktor yang menyebabkan penyakit flu burung bisa menjangkiti manusia. Tentu kita harus waspada agar penyakit flu burung ini tidak terus meluas dan kita sebaiknya mengetahui informasi yang tepat mengenai penyakit flu burung agar bisa mencegah penyakit flu burung.

Virus Influenza Tipe A

Berdasarkan data kesehatan hingga tahun 2005, banyak manusia yang meninggal disebabkan oleh penyakit flu burung. Tak hanya di Indonesia, juga terdapat di negara-negara lainnya. Faktor penyebab penyakit flu burung adalah virus influenza tipe A. Virus flu burung ini sangat kompleks serta bisa menginfeksi manusia juga pada hewan lainnya (tak hanya unggas saja).

Infeksi virus Avian Influenza pada manusia ditemukan pertama kalinya di negara Hongkong tahun 1997, dimana virus H5N1 menyebabkan timbulnya penyakit pernafasan yang berat pada 18 orang dan 6 orang di antaranya meninggal dunia. Infeksi ini terjadi karena epidemi virus influenza.

Penularan

Penyakit flu burung menular dari hewan unggas yang satu ke hewan unggas lainnya. Kemudian dari unggas menular ke manusia melalui udara yang tercemar virus H5N1 yang berasal dari air liur, sekresi hidung serta feses yang menderita penyakit flu burung. Manusia juga bisa terpapar penyakit ini bila bersinggungan dengan hewan yang positif terkena penyakit flu burung.

Pencegahan penyebaran penyakit flu burung bisa dilakukan dengan melakukan pemusnahan hewan unggas yang positif terkena virus flu burung. Selain itu, menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi agar faktor penyebab penyakit flu burung tak menyerang tubuh.

Selanjutnya : Kata-Kata Tata Krama Santun Dalam Kehidupan
Sebelumnya: Contoh Karya Tulis Ilmiah Manajemen Berbasis Masyarakat di Pesantren
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar