Mengenal Fakultas Kedokteran Atmajaya


Fakultas Kedokteran Atmajaya merupakan salah satu fakultas yang bisa diperhitungkan oleh calon mahasiswa. Atmajaya juga memiliki Fakultas Kedokteran yang tidak kalah bergengsinya dengan Fakultas Kedokteran di universitas swasta dan negeri lainnya di Indonesia. Banyaknya minat masyarakat terhadap pendidikan kedokteran ini menjadi sebuah spirit bagi Atmajaya untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di bidang kedokteran.

Sejarah Singkat

Gagasan untuk mendirikan Fakultas Kedokteran di Universitas Atmajaya ini sudah ada sejak tahun 1960. Pendirian Fakultas Kedokteran ini bukanlah hal yang mustahil mengingat perintis dari Fakultas Kedokteran di Atmajaya ini terdiri dari beberapa orang dokter dan didukung penuh oleh pendiri Universitas Atmajaya sendiri.

Pada tahun 1964 barulah pendirian Fakultas Kedokteran di Atmajaya terwujud. Kala itu yang menjadi pendirinya adalah beberapa dokter spesialis yaitu dr. Njo Tiong Tjiat, dr. A.W.J. Soeradi, Sr.dr. Regis Rukmarata, CB, dr. K.S gani, DPH, dr.J. Soegondho Roewidodarmo dan dr. A.H. Tjahjadi.

Pada awal pendirian Fakultas Kedokteran di Atmajaya ini tentu mengalami kendala dan tantangan. Hal ini mengingat pada waktu itu para pendiri harus berusaha mencari tempat untuk kuliah, tenaga dosennya serta dana yang tidak sedikit. Apalagi untuk membangun Fakultas Kedokteran yang mumpuni, tentu saja diperlukan suntikan dana yang besar.

Pada tanggal 27 Desember 1967 akhirnya dikeluarkan surat keputusan dari Yayasan Atmajaya tentang pendirian Fakultas Kedokteran di Atmajaya ini. Perkuliahannya sendiri dimulai pada bulan Maret tahun 1968 di kompleks rumah sakit St. Carolus dan tempat praktikum di laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Setahun kemudian, tepatnya pada tanggal 12 September 1969, Fakultas Kedokteran di Atmajaya ini statusnya telah terdaftar di Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Perubahan status ini memberikan fasilitas baru bagi Fakultas Kedokteran di Atmajaya untuk membangun gedung permanen sebagai tempat kuliah Fakultas Kedokteran.

Rumah sakit Atma Jaya pun juga memiliki andil untuk menunjang perkuliahan di Fakultas Kedokteran ini dengan menyediakan lahan untuk pendidikan klinis dokter. Baru pada tahun akademik 1991-1992 semua kegiatan belajar mengajar di fakultas Kedokteran ini di kampus Pluit yang berjarak sekitar 12 km dari kampus utamanya yang satu lokasi dengan rumah sakit Atma Jaya.

Fakultas Kedokteran Atmajaya ini sudah meluluskan dokter sebanyak 2.719 orang. Jumlah lulusan dokter tersebut dicapai selama kurun waktu dari tahun 1976 sampai 2008. Sebuah pencapaian yang sangat baik untuk ukuran perguruan tinggi swasta. Apa yang dilakukan oleh Atmajaya ini patut diapresiasi dan dijadikan contoh bagi perguruan tinggi swasta lainnya yang akan membuka Fakultas Kedokteran.

Selanjutnya : Profil Fakultas Kedokteran Unej
Sebelumnya: Make Up untuk Kulit Sawo Matang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar