Jenis Fauna dan Asalnya


Indonesia memiliki berbagai jenis fauna dan asalnya yang sangat beraneka ragam. Hal ini ditunjang dengan iklim tropis dan letak geografis. Juga, dukungan berbagai cagar alam maupun penangkaran yang sesuai dengan habitat masing-masing, mampu membuat fauna semakin berkembang biak dengan baik.

Jenis Fauna

Fauna sendiri merupakan salah satu kekayaan alam yang harus dilestarikan. Indonesia sendiri, memiliki fauna langka dan hampir punah karena semakin sempitnya tempat habitat fauna tersebut. Bukan hanya itu, melainkan perburuan dan pembakaran hutan juga turut andil dalam terus mengikis keberadaan fauna langka.

Salah satu cara untuk menjaga kelestarian dari fauna itu sendiri, yaitu dengan adanya cagar alam yang sesuai dengan habitat asli fauna itu sendiri. Karena perkembangan industri, membuat sebagian lahan tempat mereka hidup terpaksa dibangun gedung, pabrik, dan lainnya.

Padahal, fauna dapat memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan. Seperti ayam, ikan, dan bebek yang dagingnya dikonsumsi setiap hari serta kerbau dan sapi yang tenaganya biasa digunakan untuk menyawah. Selain itu, ada juga beberapa fauna yang menjadi aset dengan mengekspornya.

Fauna Langka

Berbagai fauna langka juga dilindungi dengan baik di cagar alam, agar keberadaannya tak punah, yaitu seperti berikut ini.

  1. Badak bercula satu dari hutan Ujung Kulon.
  2. Orangutan yang dari Kalimantan.
  3. Badak bercula dua dari Sumatra.
  4. Musang congkok pemakan serangga dari pegunungan Aceh dan Sumatra Barat.
  5. Harimau Sumatra dari Sumatra sesuai dengan nama daerahnya.
  6. Anoa dari Sulawesi.
  7. Burung Elang Jawa yang tersebar di hutan Pulau Jawa.
  8. Babirusa dari Sulawesi.
  9. Komodo dari Pulau Komodo, di pulau ini, Komodo dapat berkembang biak dan hidup dengan baik.
  10. Cenderawasih dari Papua. Burung cantik berjambul ini memiliki daya tarik tersendiri, bulunya sering digunakan sebagai pakaian adat masyarakat Papua.

Dengan gencarnya upaya perlindungan terhadap fauna akan membuat keberadaannya dapat terus dinikmati oleh generasi selanjutnya.  Selain itu, juga sebagai aset yang sangat penting bagi kehidupan. Tak ada salahnya untuk belajar mengenal fauna dan asalnya, karena akan membuat kita semakin mencintai fauna tersebut, juga akan memberi pengetahuan baru.

Selanjutnya : Membuat Contoh Kalimat dalam Tenses Bahasa Inggris
Sebelumnya: Membahas Kumpulan Cerita Si Kabayan Bahasa Sunda
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar