Fenomena Alam Bukti Kebesaran Allah


Allah Swt menciptakan alam beserta isinya tentunya dengan maksud tertentu. Salah satu maksud Allah Swt menunjukkan penciptaannya kepada makhluknya adalah untuk menunjukkan fenomena alam bukti kebesaran Allah Swt. Terkadang ada saja kejadian alam yang diluar nalar dan jangkauan pikiran manusia bisa terjadi atas izin dari Allah Swt. Sudah banyak kita melihat fenomena alam yang merupakan tanda bukti kebesaran Allah Swt.

Fenomena alam yang terjadi sebagai tanda bukti kebesaran Allah Swt ini bisa berupa gejala alam yang mendatangkan keuntungan bagi kita, bisa juga berupa gejala alam yang bisa mendatang kerugian. Apapun yang Allah Swt tunjukkan itu pada dasarnya tidak lepas dari campur tangan manusia, terutama yang tidak bisa mensyukuri alam semesta. Kebanyakan tanda bukti kebesaran Allah Swt yang ditunjukkan kepada manusia adalah dalam bentuk bencana.

Masih ingat rasanya dalam memori kita peristiwa gempa dan tsunami Aceh beberapa tahun silam. Gempa dan tsunami tersebut merupakan salah satu fenomena alam yang diluar dugaan kita. Datangnya pun banyak yang tidak mengira. Padahal sebenarnya mungkin saja itu disebabkan dari kesalahan manusia itu sendiri. Berikut beberapa contoh fenomena alam lain sebagai bukti kebesaran Allah Swt kepada umatnya.

Bencana Alam

Selain dari gempa dan tsunami masih ada bentuk bencana alam lainnya yang merupakan fenomena alam sebagai tanda bukti kebesaran Allah Swt. Kita bisa sebut bencana banjir dan tanah longsor, peristiwa gunung meletus, terjangan angin puting beliung bahkan angin tornado. Semua itu tentu saja terjadi atas izin dari-Nya tanpa kita ketahui kapan terjadi.

Fenomena Alam yang Dianggap Jarang

Pernahkah kita melihat ada rekaman segumpalan awan yang menyerupai seperti orang sedang menangkupkan tangan berdoa? Atau gumpalan awan yang menyerupai lafaz Allah? Itu merupakan salah satu contoh fenomena alam yang dianggap jarang terjadi tetapi bisa terjadi.

Seringkali kita melihat juga benda-benda di sekeliling kita seperti pohon, batu, gunung, langit yang menampilkan wujud yang tidak lazim seperti sebatang pohon yang menyerupai orang sedang rukuk menghadap kiblat, atau batu yang selalu mengeluarkan air padahal tidak ada mata air disekitarnya. Lalu ada laut yang memiliki kandungan garam yang tinggi sehingga kita bisa terapung bukannya tenggelam.

Semua fenomena alam bukti kebesaran Allah Swt terjadi bukan dimaksudkan untuk menakut-nakuti manusia, tetapi menjadi semacam peringatan bahwa betapa besarnya kuasa Allah Swt dalam kehidupan kita. Dengan bukti fenomena alam tersebut bisa membuat kita sadar bahwa tidak ada yang sanggup melawan kebesaran Allah  Swt.

Selanjutnya : Makalah Tentang Layanan Pengiriman Surat di Kantor Pos
Sebelumnya: Mengenal Fenomena Operasi Transgender
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar