Fenomena Kursus Kumon Jarimatika Sempoa

Fenomena kursus Kumon jarimatika sempoa saat ini memang sangat luar biasa. Di mana-mana tempat kursus ini bermunculan bak jamur ditengah hujan. Saat ini, orang tua seolah-olah merasa wajib memasukkan anak-anak mereka untuk belajar Kumon, Jaritmatika atau Sempoa. Alasannya, agar mereka bisa menghitung dengan baik dan cepat sehingga bisa lebih menangkap pelajaran matematika dengan lebih efektif. Sebenarnya, apa manfaatnya kursus-kursus tersebut bagi anak kita? Berikut ini akan dipaparkan secara singkat.

Apa itu Kumon?

Pertama kali, Kumon diperkenalkan oleh seorang guru Matematika SMA dari Jepang yang bernama Toru Kumon. Awalnya, metode yang sudah mendunia ini dia ajarkan untuk membantu anaknya memahami matematika dengan lebih baik. Karena merasa cara yang dilakukan berhasil, dia pun merancang sebuah kurikulum atau metode yang bisa dipakai oleh anak-anak lain, terutama anak-anak yang memiliki kesulitan dalam berhitung.

Hal yang istimewa dari Kumon adalah semua anak memiliki levelnya sendiri. Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda, sehingga setiap anak bisa naik tingkat sesuai dengan kemampuan tersebut. Seorang anak tidak dipaksa untuk ikut naik level seperti kawan lainnya jika ia belum bisa memahami level yang sedang dilaluinya saat itu.

Setelah mendapatkan pengarahan, seorang anak akan diberi soal yang pastinya akan bisa dijawab oleh mereka dengan mudah. Kumon didesain untuk menjadikan anak memahami apa yang dihadapinya dan bagaimana cara menyelesaikannya. Metode ini sangat efektif, bahkan anak yang awalnya tidak bisa matematika, lalu belajar Kumon, ia bisa melampaui kemampuan anak paling pintar di kelasnya yang tidak mengikuti metode ini.

Jarimatika

Merupakan metode yang dikenalkan oleh seorang guru matematika SD dari negeri sendiri yang bernama Septi Peni Wuladari. Jarimatika merupakan singkatan dari kata “jari” dan “aritmatika”. Jarimatika merupakan metode berhitung tanpa alat, alias menggunakan jari tangan si anak itu sendiri. Walaupun hanya menggunakan tangan, penghitungan dari jarimatika ini bisa mencapai angka jutaan, bahkan lebih.

Sempoa

Sempoa diperkenalkan oleh orang Cina. Alat ini digunakan untuk melakukan semua jenis hitungan: penambahan, pengurangan, perkalian, bahkan sampai pembagian. Ada beberapa baris yang berisi bulatan-bulatan pada Sempoa. Baris pertama biasanya sebagai satuan, baris kedua untuk penghitungan puluhan,  dan begitu juga dengan tiang-tiang lainnya. Penghitungan Sempoa ini sangat istimewa. Bahkan, penghitungan angka desimal pun bisa dilakukan.

Itulah sedikit pengenalan mengenai fenomena kursus Kumon Jarimatika Sempoa. Yang harus dicamkan adalah, apa pun metodenya tidak akan berjalan sempurna jika tidak sering melakukan latihan.

Loading...
Selanjutnya : Membuat Puisi Bahasa Indonesia Tema Bunda
Sebelumnya: Mengenal Definisi dan Kelebihan Hermetik pada AC Mobil
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar