Fenomena Sebab Naik Turun Kurs Mata Uang


Sebab naik turun kurs mata uang bisa terjadi karena berbagai faktor. Kurs mata uang merupakan nilai tukar mata uang terhadap pembayaran dua mata uang antar negara. Kurs mata uang berperan penting dalam perkembangan ekonomi suatu negara. Apalagi, peranannya terhadap dunia perdagangan karena perdagangan merupakan pintu masuk ke pasar di dunia.

Pergerakan mata uang sangat berpengaruh terhadap perdagangan sebuah negara seperti ekspor dan impor. Oleh karena itu, kurs mata uang mendapat perhatian yang besar dari para ahli ekonomi dan pelaku ekonomi di dunia untuk diamati serta diatur kebijakannya. Memang, kestabilan kurs mata uang tidak menentu karena ia bergantung pada kondisi pasar.

Akan tetapi, ada beberapa faktor utama penyebab kurs mata uang sering mengalami fluktuasi, yaitu:

1. Inflasi

Setiap negara pasti pernah mengalami inflasi, yaitu keadaan di mana harga barang mengalami kenaikan secara terus menerus sementara nilai mata uang dalam negeri menurun. Di Indonesia, kondisi seperti ini dapat dirasakan ketika harga bawang merah, cabai, dan bawang putih sempat melambung tinggi pada akhir Maret 2013 lalu.  Jika tingkat inflasi tinggi maka akan terjadi penurunan daya beli dibanding mata uang lain, begitu sebaliknya. Inflasi bisa menyebabkan konsumsi menurun dan permintaan impor menurun.

2. Suku Bunga

Selain inflasi, faktor lainnya yang cukup mempengaruhi naik turunnya kurs adalah suku bunga. Jika suku bunga tinggi dapat menarik para investor asing dan nilai mata uang akan meningkat. Dampak suku bunga tinggi bisa berkurang kalau inflasi suatu negara lebih tinggi daripada negara lain.

3. Kondisi Politik dan Ekonomi

Sebuah negara yang memiliki kondisi ekonomi dan politik yang stabil pasti menarik para investor asing untuk berinvestasi di sana. Negara yang banyak konflik, kekacauan politik akan menurunkan kepercayaan investor sekaligus kehilangan keyakinan mata uang pada negara tersebut.

4. Pendapatan Nasional

Meningkatnya pasokan produk sehingga pendapatan meningkat bisa meningkatkan nilai tukar. Pendapatan nasional yang lebih tinggi berarti nilai yang lebih tinggi pula dari mata uang suatu negara jika terjadi dalam jangka waktu yang panjang.

Fakto-faktor sebab naik turun kurs mata uang di atas hanyalah faktor umum yang
sering terjadi di banyak negara. Seharusnya investor memahami bagaimana peran penting nilai mata uang  dalam investasi mereka.

Selanjutnya : Artikel Kerajaan Majapahit – Candi-Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit
Sebelumnya: Posisi dan Peran Fitoplankton dan Zooplankton dalam Rantai Makanan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar