Fenomena Twitter Dan Facebook Di Indonesia


Fenomena situs jejaring sosial Twitter dan Facebook di Indonesia, telah menarik perhatian para pemerhati sosial media. Berdasarkan data yang dipublikasikan para lembaga riset, Indonesia termasuk dalam 5 besar negara sebagai pengguna terbanyak situs jejaring sosial tersebut.

Indonesia Sebagai Pengguna Terbanyak Situs Jejaring Sosial

Sampai akhir tahun 2012, pengguna Facebook di Indonesia mencapai lebih dari 51 juta. Dengan angka sebesar itu, telah menempatkan Indonesia berada pada peringkat ke-4 dunia. Peringkat pertama pengguna terbanyak adalah AS, dengan jumlah pengguna sekitar 169 juta.

Urutan kedua terbanyak pengguna Facebook adalah Brazil dengan jumlah pengguna sekitar 64 juta. Menyusul di urutan ketiga adalah India dengan jumlah sekitar 62 juta pengguna. Menurut para pemerhati media sosial, pengguna Facebook di Indonesia akan terus tumbuh dan diperkirakan pada akhir tahun 2013 akan mencapai sekitar 63 juta pengguna.

Sedangkan untuk situs jejaring sosial berlogo burung biru, dengan fasilitas kicauannya (tweets) telah membuat Indonesia sangat dikenal di dunia. Warga Kota Jakarta disebut-sebut sebagai pengguna teraktif di dunia. Hal ini telah membuat topik-topik hangat yang sedang tren di Indonesia, menjadi dikenal para pengguna mikroblog ini di dunia.

Berbeda dengan Facebook, untuk urusan berkicau (tweet) di jejaring sosial, Indonesia berada di peringkat kelima terbesar dunia dengan jumlah sekitar 19,5 juta akun. Sementara peringkat pertama masih dipegang oleh Amerika Serikat dengan jumlah akun sekitar 107,7 juta.

Sedangkan kicauan (tweets) pengguna dari negara Brasil, telah menempatkan negaranya pada urutan kedua terbesar dunia dengan jumlah sekitar 33,3 juta akun. Menyusul kemudian adalah negara Jepang dengan 29,9 juta pengguna. Dan Inggris Raya telah menyalip Indonesia untuk menduduki peringkat keempat dengan 23,8 juta pengguna.

Data yang disebutkan di atas tentu saja bisa berubah-ubah untuk angka pastinya. Tapi yang paling menarik adalah fenomena di Indonesia sebagai pengguna aktif dua situs jejaring sosial terkenal di dunia. Meskipun Indonesia belum dikatakan negara maju, dalam urusan ini mampu sejajar dengan negara maju lainnya.

Itulah seputar fenomena pengguna Twitter dan Facebook di Indonesia, yang telah menyita perhatian para pemerhati sosial media, untuk melakukan berbagai penelitian tentang fenomena ini.

Selanjutnya : Perhitungan Energi dan Daya Listrik Berdasarkan Hukum Ohm
Sebelumnya: Perekonomian Indonesia Terkait Pemerintahan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar