Festival Terbaik di Dunia Yang Harus Anda Kunjungi

Festival identik dengan perayaan besar. Biasanya diadakan dalam rangka memperingati hari bersejarah,atau juga menjaga sebuah tradisi yang sudah dilakukan turun-temurun dari leluhur. Festival juga menjadi waktu yang tepat bagi semua orang untuk berkumpul dalam satu tempat,bersenang-senang, dan menikmati perayaan.

Hampir setiap negara memiliki festival tahunan yang sangat menarik perhatian dunia. Baik itu sebuah festival berkaitan dengan ritual keagamaan maupun festival yang diadakan khusus memperkenalkan dunia pariwisata negara tersebut. Tentu saja festival tersebut dikemas dalam tradisi yang berbeda.

Kini festival semakin diminati para wisatawan saat mendatangi negara tujuan. Bahkan beberapa diantaranya selalu menjadi pusat perhatian dunia, saat festival itu digelar.

Dari beberapa festival yang digelar hampir di setiap negara,beberapa diantaranya termasuk yang terbaik di dunia karena selalu mendapat apresiasi dari wisatawan di dunia:

1. Festival Rio De Janeiro, Brasil

Yang pertama Festival Rio De Janeiro,Brasil. Festival ini biasanya dikemas super meriah. Karena selain dilakukan karnaval,pada festival ini digelar banyak acara seni lainnya,seperti musik,tarian dan juga ritual budaya.

Festival Rio De Janeiro sudah terkenal sejak lebih dari dua abad lamanya. Dan kini dikemas dalam sebuah karnaval yang berlangsung selama empat hari. Karnaval Rio selalu menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Karnaval rio kini menjadi yang terbaik karena kemasannya yang dianggap spektakuler. Topeng dan kostum yang dikenakan berkelas tinggi. Hampir seluruh masyarakat di Brasil turun ke jalan menyaksikan karnaval tersebut. Sejak pagi hari,mereka turut menari bersama ribuan penari dengan tarian Samba yang menjadi identitas lokal di brasil.

Yang paling menarik perhatian  dari festival ini bertempat di Pantai Copacabana,dimana dilangsungkan pesta kembang api dan dekorasi lampu yang menghiasi seluruh areal pantai.

2. Festival Lampion, Cina

Festival terbaik di dunia selanjutnya adalah Festival Lampion,Cina.Pada awalnya festival ini dilangsungkan dalam perayaan hari besar Cap Go Meh sejak zaman Dinasti Han,atau sekitar 2000 tahun lalu. Perayaan Cap Go Meh masih terbatas di kalangan istana. Seluruh bagian istana akan digantungi lampion berwarna-warni.

Namun kini Festival Lampion atau Deng Ji dalam bahasa cina digelar tidak hanya sebatas saat merayakan cap go meh. Namun saat merayakan tahun baru, festival lampion selalu digelar dan  bisa dilangsungkan di mana saja.Bahkan hampir seluruh kota besar di Cina selalu menggelar festival lampion saat menyambut tahun baru.

Festival lampion juga menjadi yang terbaik di dunia,karena kemasaannya yang bernilai seni tinggi,dan selalu berkembang setiap tahunnya. Lampion yang dipajang kini tidak lagi hanya berbentuk bola lampu. Replika naga,bunga,hingga istana kini selalu hadir dalam setiap festival lampion.

Kota beijing sering kali menjadi pusat digelarnya festival lampion setiap tahunnya. Walaupun beberapa kota lainnya juga menggelar festival hampir serupa.Namun di Kota Beijing lah,biasanya masyarakat Cina dan wisatawan mancanegara menikmati keindahan festival ini.

3. Festival Tet, Vietnam

Selanjutnya Festival Tet di Vietnam. Atau lengkapnya Tet Nguyen dan dalam bahasa vietnam yang berarti Tahun Baru Vietnam. Festival ini digelar dengan mengikuti kalender lunar yang mengatur perayaan tahun baru Cina. Maka saat dunia merayakan tahun baru cina,di vietnam akan digelar Festival Tet.

Untuk melihat betapa meriahnya festival tet bisa disaksikan di kota besar seperti Hanoi,Ho Chi Minh,dan Hue.Di kota-kota ini akan terlihat kemeriahan Festival Tet. Jalanan menjadi lebih bersih,dan akan sangat terang benderang karena lampion di malam hari. Dan puncaknya ada perayaan pesta kembang api,tepat tengah malam.

Masyarakat vietnam selalu menjadikan Festival Tet bagian terpenting. Anggota keluarga akan berkumpul di halaman rumah mereka untuk menyambut tet yang diterjemahkan secara harfiah berarti pagi pertama di hari pertama tahun baru.

Saat menyambut tet, seluruh anggota keluarga mebersihkan rumah mereka,membeli baju baru, menyelesaikan perselisihan dan membayar utang mereka.Semua itu dilakukan untuk menghapus nasib buruk.

Selain dibersihkan, rumah mereka akan dihiasi, bunga dan lampion,ditanam tanaman bambu,dipasang  pita merah yang melambangkan menyambut keberuntungan,dan mengusir roh jahat.Sedangkan pada malam harinya mereka akan memukul drum,menyalakan petasan. Tradisi ini telah menarik perhatian wisatawan,hingga setiap menjelang festival tet berlangsung, biasanya,agen-agen perjalanan menyebar iklan di beberapa situs dan memberikan diskon khusus untuk menarik wisatawan.

Festival ini juga dilakukan warga-warga Vietnam yang ditinggal di negara lain,tepat di waktu yang sama dimana Tet tengah digelar di Vietnam.

4. Festival Festes De La Merce,Barcelona

Festival lainnya yang dianggap salah satu yang terbaik di dunia yakni festes de la merce di Barcelona. Festival ini digelar untuk penghormatan terhadap dewa pelindung barcelona,De La Merce. Festival ini biasanya dilangsungkan selama 4 hari, dimulai setiap tanggal 24 September. Menurut legenda di kota tersebut,sang dewa pelindung Barcelona berhasil mengusir wabah mematikan yang menyerang kota tersebut,hingga tak pernah kembali.Sebagai penghormatan, setiap tahunya digelarnya festival tersebut.

Untuk menghormati La Merce,di kota mediterania tersebut,digelar lebih dari 500 kegiatan seperti parade,konser musik,pesta kembang api,pertunjukkan udara,lomba renang melintasi pelabuhan sejauh 10 kilometer dan berbagai macam kegiatan lainnya. Namun sebagian besar kegiatan dipusatkan di Kota Barcelona.

Kegiatan parade menjadi salah satu yang menjadi pusat perhatian,karena kirab dilakukan dengan membawa tokoh-tokoh mitos abad pertengahan dari Barcelona. Patung-patung tokoh mitos yang diarak di buat dalam ukuran raksasa.

Salah satu yang menjadi pusat perhatian yakni,adanya kompetisi membentuk menara tertinggi manusia,atau disebut castellers. Kelompok orang yang membentuk menara tersebut mengenakan pakaian tradisional. Bahkan menara tertinggi  yang terbentuk dari orang-orang saling menahan dengan bahunya tersebut bisa mencapai 8 meter.

Ribuan orang termasuk wisatawan mancanegara selalu menghadiri festival ini. Mendokumentasikan acara spektakuler ini menjadi salah satu agenda utama para turis yang datang.

5. Festival Durbar, Nigeria

Salah satu festival terbaik di dunia yang terakhir yakni Durbar Festival yang berlangsung di Nigeria. Festival tahunan ini dirayakan di beberapa kota di Nigeria.Puncaknya diselenggaranya diantara dua hari besar umat muslim yakni Idul Fitri dan Idul Adha. Festival biasanya dilangsungkan di kota Katsina dan Kano.

Festival yang sudah berlangsung selama ratusan tahun ini menggambarkan kembalinya umat muslim dari peperangan.Durbar yang mengandung arti parade militer,selalu melibatkan pasukan perang dari setiap kota,kabupaten hingga pasukan keamanan negara.

Daya tarik dari festival ini sungguh tinggi,karena kita akan mengetahui bagaimana pasukan perang jaman dulu ada.Rombongan berkuda dengan pakaian khusus akan diiringi musik saat berparade hingga terpusat di alun-alun.

Selain berparade,pasukan berkuda akan adu kecepatan yang menggambarkan bagaimana cepatnya mereka saat berperang.Puncak dari perayaan durbar yakni berlangsung di dalam istana.Para peserta akan disuguhi musik untuk saling menari,bernyanyi,dan disuguhi hidangan halal.

Bagi para wisatawan yang datang ke Nigeria akan sayang jika melewatkan Festival Durbar. Karena festival ini tersaji dalam balutan perkembangan sejarah Islam di Afrika, khususnya Nigeria.

Begitulah festival-festival terbaik di dunia yang sangat pantas Anda dan pasanga kunjungi. Tentu saja butuh biaya tak sedikit, namun yakinlah kepuasan yang Anda terima pasti sepadan dan akan merekatkan hubungan cinta Anda dengan pasangan. Namun jika belum ada kesempatan, saat ini bisa kita nikmati dari berbagai tayangan yang ada.

Selanjutnya : Gaun Unik di Dunia untuk Pasangan Anda
Sebelumnya: Lemak Hilang? Waspada, Masih Ada Masalah Lain!
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...