Menilai Efek Tersembunyi dari Film Kartun Anak-anak dan Pengarangnya


Film kartun begitu lekat dengan dunia anak-anak. Apalagi sekarang ini, makin banyak kartun dengan bermacam tokohnya yang begitu dipuja anak-anak. Doraemon, Tom dan Jerry, Crayon Shinchan, dan Naruto, adalah beberapa contoh di antaranya. Televisi begitu aktif menjajakan film kartun anak-anak  dan pengarangnya pun makin pintar dalam memoles cerita di dalamnya.

Film Kartun

Anak-anak memang haus hiburan. Di saat orang tua tidak mampu mendampingi anak-anak untuk bermain karena bekerja, seringkali tayangan kartun anak menjadi solusi praktis agar anak tidak banyak keluar rumah.

Satu sisi, film seperti ini memang menghibur. Anak-anak pun dapat mengembangkan daya khayalnya. Hanya saja, bila orang tua tidak mengontrol film-film kartun yang dilihat anak dan mengarahkannya, mungkin malah menjadi bumerang di kemudian hari.

Tidak semua film kartun konsisten dalam memberikan nilai moral buat anak-anak. Film “Tom dan Jerry”  misalnya, justru lebih kerap ditemui dengan adegan kekerasan. Walaupun itu semua terlihat lucu, tapi dapat menjadi pembenar bagi anak-anak bahwa memukul temannya itu sesuatu yang menggelikan.

Atau pada film “Crayon Sinchan”, mungkin orang tua sekilas melihat polah Sinchan yang nakal cukup wajar sebagai anak kecil. Namun, film ini juga sering menampilkan adegan yang hanya cocok dipahami oleh orang dewasa.

Misalnya, seringkali ketika ada adegan Sinchan bertemu wanita cantik, dia langsung menggoda layaknya orang dewasa. Ini bukan tindakan yang cocok untuk dilakukan anak-anak.

Oleh karena itu, selain memilihkan film kartun yang sesuai dengan usia anak, sebaiknya orang tua juga ikut mendampingi. Orang tua memiliki peran untuk menjelaskan ke anak apabila ada adegan yang perlu dikupas lebih detail. Ini akan membuat anak menjadi paham dan mengerti apa saja yang boleh atau tidak dilakukan.

Film kartun anak-anak dan pengarangnya memiliki misi tersembunyi  dalam menciptakan karyanya. Jadi orang tua mesti bisa membaca efek samping buat anak ketika melihatnya. Jangan sampai terjadi hal yang mungkin orang tua tidak akan duga yang akan menimpa buah hati mereka.

Selanjutnya : Ingin Belajar Bersulap dengan Mudah
Sebelumnya: Info Penyebab Benjolan di Lipatan Paha
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar