Deretan Film Kartun Anak Bagus dan Populer


Stasiun televisi berlomba-lomba menayangkan film kartun anak bagus setiap harinya. Semakin banyak bila akhir pekan atau musim liburan tiba. Lihat saja, setiap hari Minggu beragam judul kartun yang diputar dan dimulai sejak subuh hingga baru benar-benar berakhir ketika sore hari (menjelang Maghrib).

Film kartun yang diputar kebanyakan berasal dari film kartun Jepang. Sebagian besar film-film kartun Jepang adalah adaptasi dari komik-komik yang populer dan penjualannya meroket baik di negara Jepang hingga di belahan negara-negara lainnya. Sebut saja seperti film Kartun Doraemon yang legendaris, diputar sejak tahun 90-an hingga sekarang. Film tersebut sebenarnya berasal dari komik Jepang dengan judul yang sama. Dikarang oleh seorang komikus asal negeri Sakura bernama Fujiko. F. Fujio. Sampai sekarang, hampir seluruh komik karangan Fujiko diangkat ke layar kaca. Selain itu ada pula deretan judul kartun seperti Sinchan, P-Man, Chibi Maruko Chan, Candy Candy, dan sebagainya yang awalnya juga berasal dari komik.

Merasa tidak ingin ketinggalan dengan Jepang, Malaysia pun melakukan hal yang sama. Sebuah rumah produksi di negeri Jiran itu merancang satu ide tayangan yang diperuntukkan bagi anak-anak. Lahirlah kartun yang berjudul Ipin Upin. Ternyata, kartun ini mendapat sambutan positif bagi rakyat Malaysia. Dan, selanjutnya diputar pula di beberapa stasiun televisi berbagai negara, termasuk Indonesia.

Sekilas, film kartun buatan Jepang dengan film kartun buatan Malaysia sama bagusnya. Hanya saja, untuk kartun buatan Malaysia, ide cerita yang diangkat lebih kepada cerita seputar kehidupan sehari-hari. Ceritanya terkesan natural dan mudah dimengerti. Sedangkan, untuk kartun-kartun buatan Jepang lebih tertuju pada ide cerita yang benar-benar menuntut daya imajinasi.

Contohnya saja, kartun Sailor moon yang sempat populer di tahun 90-an. Kartun Sailor Moon adalah kartun dengan ide cerita yang sangat imajinatif dari pengarang komik dan pembuat filmnya. Jika kita telaah, mana mungkin seorang ksatria-ksatria wanita bisa berubah wujud demi mendapatkan kekuatan. Kesannya terlalu mengada-ngada. Namun, disinilah letak sensasi cerita yang disukai anak-anak.

Apapun jenis kartunnya, selama ide cerita tidak melanggar norma-norma yang bisa dengan mudah ditiru anak-anak, maka film kartun anak bagus dan tetap layak untuk ditonton. Semoga anak-anak Anda terhibur sekaligus terdidik dengan adanya film kartun.

Selanjutnya : Mengenal Kebudayaan Amerika Selatan
Sebelumnya: Apakah Pengertian Kebangsaan?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar