Penyebaran Flora dan Fauna di Indonesia Bagian Barat dan Timur


Indonesia negeri yang sangat kaya akan keanekaragaman flora mupun faunanya. Berbagai jenis hewan dan tumbuhan menyebar di berbagai daerah dari timur sampai barat Indonesia. Penyebaran ini dikelompokkan menjadi tiga, yaitu bagian timur, barat, dan tengah. Flora dan fauna di Indonesia bagian barat memiliki ciri-ciri menyerupai flora dan fauna Asia. Sementara di bagian timur Indonesia, memiliki kemiripan dengan flora dan fauna Australia.

Pembagian Kelompok Penyebaran

Pembagian tersebut berdasarkan garis khayal Wallace dan Webber. Garis Wallace adalah garis khayal yang membatasi wilayah Indonesia bagian barat yang meliputi Sumatra, Jawa, Kalimantan, termasuk pulau-pulau kecil di sekelilingnya. Di bagian tengah merupakan wilayah peralihan meliputi Sulawesi, Maluku, Bali, Nusa Tenggara, termasuk pulau-pulau kecil di sekitarnya. Sementara bagian timur meliputi wilayah Irian Jaya dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Flora dan fauna yang terdapat di masing-masing bagian memiliki karakteristik tersendiri. Di bagian barat disebut Indo Malayan atau Asiatis karena memiliki karakteristik menyerupai flora dan fauna di benua Asia. Di bagian timur disebut Indo Australis karena memiliki karakteristik menyerupai flora dan fauna di benua Australia. Di bagian tengah atau daerah peralihan disebut Austral Asiatis dan sering disebut juga sebagai flora dan fauna asli Indonesia.

Fauna

Fauna Asiatis banyak yang berukuran besar dan menyusui, seperti harimau, badak, orang utan, serta burung yang yang tidak terlalu beragam warnanya. Fauna Austral Asiatis di antaranya adalah babi, kuda, anoa, dan komodo. Sedangkan fauna Australis cenderung berukuran kecil dan menyusui, di antaranya adalah kanguru,  cendrawasih, walabi, dan kakatua. Burung-burung di daerah ini memiliki bulu yang kaya akan corak dan warna.

Flora

Selain fauna, flora di Indonesia bagian barat juga memiliki kesamaan dengan flora di benua Asia. Di wilayah ini banyak ditemukan tumbuhan jenis kamper, pinus, beringin, meranti, pinang, mahoni, rotan, dan kayu manis. Sementara flora di bagian timur memiliki kemiripan dengan flora di Australia, misalnya tumbuhan jenis conifer seperti agatis alba dan ogi. Di sini juga bisa ditemukan nipah dan pohon sagu.

Selanjutnya : Format Standar Pengetikan Skripsi
Sebelumnya: Cara Memulihkan Kecepatan pada Paketan Flash Optima
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar