Flora dan Fauna di Indonesia yang Terancam Punah


Indonesia memiliki banyak hutan, dan kini Indonesia menjadi negara keempat di dunia yang terancam punah kekayaan flora dan fauna. Hal ini ditegaskan oleh International Union For Conservaion of Nature.

Seperti yang kita ketahui, bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang berkontribusi dalam program penyelamatan lingkungan dari pemanasan rumah kaca sebagai dampak dari penebangan liar. Banyak penyebab kepunahan yang begitu drastis, salah satunya meningkatnya jumlah penduduk, kemiskinan, serta pemburuan terlarang dan tersembunyi.

Daftar Flora dan Fauna

Berikut adalah daftar flora dan fauna yang terancam punah:

Flora

Keterangan

Fauna

Keterangan

 

Pohon Balam Suntai

 

Pohon satu ini tidak kalah dengan pohon jati pada umumnya. Balam Suntai banyak dicari karena memiliki kayu yang berkualitas kelas IV, namun kekuatan kayu tersebut kelas 2

 

Badak Sumatera

 

Dalam bahasa latin disebut  Dicerorhinus sumatrensis. Populasi terus berkurang karena secara ekonomis cula badak Sumatera ini mahal. Tecatat satu culanya saja seharga 300 juta perkilogram Di alam lepas tersisa sekitar 300 ekor saja. Sehingga badak ini kini dilindungi 

 

 

Kantong Semar

 

Kantong Semar yang terlihat cantik ini ternyata adalah tumbuhan karnivora. Kantong semar akan membuka, ketika mendapatkan mangsa kantong akan menutup dengan sendirinya.

 

 

Gorila Gunung

 

Gorila ini ditemukan sejak 1902. Populasi yang ada saat ini ada sekitar 720 ekor saja.

 

Bunga Bangkai

 

Bunga Bangkai ini memiliki bau tidak sedap. Bau ini mengundang lalat, dan lalat-lalat inilah yang akan menjadi bahan makannya.

 

Orang Utan Sumatra

 

Orang Utan Sumatra kini berada di ambang kepunahan akibat pembunuhan yang dilakukan. Hewan ini dianggap sebagai hama tanaman sawit. Orangutan ini kini ada penangkaran tersendiri di Borneo

 

Tengkawang

 

Tenkawang merupakan buah yang dapat menghasilkan minyak nabati.

 

Cendrawasih

 

Burung cantik satu ini banyak ditemukan di kawasan Papua. Bulu-bulu yang cantik ini sering digunakan dan dimanfaatkan untuk membuat fashion.

 

 

Bantal Sulam

 

Tumbuhan satu ini terbiasa hidup di kawasan bergambut. Banyak ditemukan di kawasan Sumatera dan Kalimantan timur.

 

Musang Congkok

 

Hewan bertubuh kecil ini banyak ditemukan di kawasan Aceh dan Sumatera barat. Makanan yang paling disukainya adalah serangga. Hewan inilah yang sering disebut sebagai Luwak, untuk pembuatan kopi luwak.

 

 

Demikianlah artikel tentang hewan dan tumbuhan yang terancam punah. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Selanjutnya : Mencari Pusat Sofware Gratis? Di Sinilah Tempatnya!
Sebelumnya: Memilih Popok Celana Buat Bayi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar