Mengenal Keunikan Fonetik Jepang

Fonetik Jepang itu unik, mereka merangkai setiap kalimatnya dengan bunyi terbuka, yaitu perpaduan konsonan + vokal. Tapi, sebelum berbicara lebih jauh mengenai keunikannya, ada baiknya kita mengetahui dulu apa makna fonetik.

Fonetik adalah bagian dari ilmu tata bahasa yang mempelajari bagaimana suatu bunyi dihasilkan oleh alat ucap manusia (yaitu semua organ tubuh yang berada disekitar rongga mulut). Ilmu ini secara khusus mengupas seluk beluk keluarnya suara berdasarkan pergerakan alat ucap itu sendiri.

Loading...

Suku Kata Bahasa Jepang

Seperti kita ketahui, fonetik dalam setiap negara mempunyai keunikan tersendiri, tiap negara mempunyai cara pengucapan vokal dan konsonan yang berbeda. Mempelajari bahasa negara-negara di dunia itu menyenangkan. Tetapi tulisan ini, hanya akan membahas mengenai fonetik dalam bahasa Jepang.

Bahasa Jepang memiliki rumusan huruf berupa suku kata-suku kata yang tidak boleh dipisahkan. Berbeda dengan bahasa Indonesia. Jika dalam bahasa Indonesia “SAYA” bisa dieja per huruf menjadi “S.A.Y.A”, maka dalam bahasa Jepang, kata tersebut hanya bisa dipisahkan menjadi “SA.YA” karena orang Jepang tidak bisa mengucapkan konsonan terpisah seperti S atau Y.

Kalaupun dalam teorinya dituliskan S atau Y, mereka akan menyebutkannya “eSu” ato “Ye”.

Kumpulan Fonetik Jepang

Cara membacanya adalah dari kiri ke kanan, yaitu:

A I U E O
KA KI KU KE KO
SA SHI SU SE SO
TA CHI TSU TE TO
NA NI NU NE NO
HA HI FU HE HO
MA MI MU ME MO
YA YU YO
WA WO
N        

Contoh:

Saya =  Watashi => pemisahan fonetiknya Wa.Ta.Shi. BUKAN w.a.t.a.s.h.i.

Makan = Taberu => pemisahan fonetiknya Ta. Be. Ru.  BUKAN  t.a.b.e.r.u.

Selamat tinggal = Sayonara => pemisahan fonetiknya Sa.Yo. Na. Ra.  BUKAN  s.a.y.o.n.a.r.a.

Ilmu ini tidak hanya sampai di sini. Masih banyak yang harus dipelajari, di antaranya tentang percakapan formal, percakapan non formal (seperti bahasa daerah, yang selalu berbeda logat di setiap daerah), tentang cara menulis huruf Kanji, dan sebagainya.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari bahasa Jepang secara linguistik, ada baiknya Anda mengambil kursus singkat supaya ada pengajar yang bisa membimbing Anda.

Sedangkan bahasa Jepang percakapan, Anda bisa mempelajari sendiri secara langsung, jika Anda sering berkumpul dengan komunitas berbahasa Jepang. Demikianlah sekilas ilmu mengenai fonetik Jepang.

Loading...
Selanjutnya : Hukuman Pelanggar Hukum Agama di Indonesia
Sebelumnya: Ragam Kebudayaan-kebudayaan yang Ada di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar