Format Penulisan Essay


Format penulisan essay yang ini. baik dan benar akan jadi bahasan penulis kali ini. Essay adalah seuah tulisan yang ditulis menggunakan tema tertentu dan pembahasannya lebih kepada opini pribadi. Agar penulisan essay yang diharapkan menjadi baik, maka penulis harus rajin berlatih. Orang yang menulis essay disebut essays.

Tipe Essay

Pada dasarnya ada enam tipe penulisan essay yang ada, enam tipe itu adalah sebagai berikut:

1.    Essay Deskriptif

2.    Essay Tajuk

3.    Essay Cukilan Watak

4.    Essay Pibadi

5.    Essay Reflektif

Struktur Essay

Penulisan essay tidak boleh sembarangan, di dalam format penulisan essay ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Essay yang ditulis harus memiliki minimal lima paragraf, dari kelima paragraf tersebut terdiri dari masing-masing bagian, bagian tersebut yakni:

1.    Paragraf Perkenalan, yang terdiri dari paragraf pertama, isi dari paragraf ini adalah topik utama dari pembuatan essay. Penulisan topiknya diusahakan terdapat di dalam kalimat pertama.

2.    Paragraf isi, yang terdiri dari paragraf kedua hingga paragraf keempat. Tentunya di dalam paragraf ini adalah pembahasan, teori, argumentasi, serta analisa yang dikemukakan untuk menunjang topik utama yang sudah dibuat.

3.    Paragraf penutup yakni paragraf kelima, paragraf ini isinya adalah kesimpulan atas pembahasan yang telah diulas pada paragraf kedua hingga keempat, gunanya untuk dapat membuat yakin para pembaca.

Langkah Pembuatan Essay

Setiap hal yang dibuat tentunya ada langkah yang harus diikuti agar karya yang dihasilkan memiliki keindahan dan  pesan yang tersirat maupun tersurat dapat lebih mudah diterima pembaca. Adapun langkah pembuatan essay adalah sebagai berikut:

1.    Pemilihan topik

Pemilihan topik ini berguna untuk memudahkan penulis dalam pengembangan tulisan, topik utama ini dapat diberikan oleh panitia penyelenggara maupun ditentukan oleh penulis sendiri.

2.    Menentukan tujuan

Tulisan yang akan dibuat tentunya ada tujuan yang harus dibuat, tujuan itu dapat berupa:

a.    Essay yang dibuat untuk meyakinkan pembaca

b.    Essay yang ditulis tentang ide, tempat wisata dll.

c.    Essay yang dtulis dapat berupa langkah pembuatan sesuatu.

3.    Menuliskan minat

4.    Mengevaluasi topik

5.    Pembuatan outline penulisan

6.    Penulisan tesis (poin utama)

7.    Menuliskan poin utama menjadi sebuah paragraf

8.    Membuat kesimpulan

9.    Evaluasi tulisan, mengenai urutan paragraf, format penulisan dan lain sebagainya yang dapat membuat tulisan anda semakin baik.

Inilah sedikit informasi mengenai format penulisan essay, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Apakah Makanan Ade Rai Setiap Hari?
Sebelumnya: Daftar Tempat Makan Enak di Bogor yang Pasti Memuaskan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar