Di Mana Foto-foto Raja Purnawarman Saat Memerintah Kerajaan Tarumanegara?


Sebelum Indonesia menjadi negara yang seperti saat ini, Indonesia dulu diwarnai dengan beragam kerajaan di dalamnya, mulai dari kerajaan Hindu, Budha, Kristen-Katholik, dan Islam. Sistem pemerintahan kerajaan tersebut dipegang oleh seorang raja. Saat itu, sebuah kerajaan yang berdiri erat kaitannya dengan proses penyebaran agama, misalnya saja Kerajaan Tarumanegara yang terletak di Pulau Jawa sebagai salah satu kerajaan bercorak Hindu dengan aliran wisnu. Terdapat banyak sekali raja yang pernah memimpin Tarumanegara, salah satunya adalah Raja Purnawarman. Jika Anda penasaran bagaimana pesona raja Purnawarman, pasti Anda akan berusaha mencari foto-foto Raja Purnawarman.

Kerajaan Tarumanegara

Sebenarnya, bukti adanya suatu kerajaan bisa ditunjukkan dengan prasasti. Kerajaan Tarumanegara menjadi salah satu yang memiliki banyak bukti jenis ini, seperti prasasti muara cianten, prasasti ciaruteun, prasasti kebon kopi, prasasti tugu, dan masih banyak lagi. Semua prasasti ini memberikan keterangan yang menjelaskan bagaimana kerajaan ini diperintah, serta apa saja hal-hal yang terjadi masa itu. 

Zaman dulu tentu teknologi tidak secanggih zaman sekarang. Bukti berupa foto yang menunjukkan kekuasaan Raja Purnawarman tidak ditemukan. Meskipun demikian, jejak pemerintahan beliau bisa ditelusuri melalui prasasti yang tertulis, seperti prasasti Lebak. Pada prasasti ini diungkapkan keberanian Raja Purnawarman dalam memerintah melalui dua baris puisi. Tulisannya pun ditulis dengan bahasa Sansekerta serta menggunakan huruf Pallawa sehingga tidak semua orang mampu memahaminya. 

Prasasti lain yang juga menggambarkan pesona Raja Purnawarman adalah prasasti Ciaruteun yang ditemukan di dekat muara Cisadane. Pada prasasti ini dapat ditemukan jejak kaki Raja Purnawarman. Ada yang mengartikan bahwa jejak telapak kaki ibarat kekuasaan raja Purnawarman di tempat tersebut, namun ada pula yang menilai jejak telapak kaki sebagai suatu penghormatan bagi Raja Purnawarman yang melindungi rakyatnya sehingga dianalogikan seperti Dewa Wisnu. 

Prasasti yang juga menggambarkan kekuasaan Raja Purnawarman adalah Prasasti Tugu. Pada prasasti ini ditemukan keterangan mengenai pembuatan Sungai Gomati untuk mengantisipasi kekeringan dan bencana banjir yang kerap datang.

Meskipun tidak ditemukan adanya foto-foto Raja Purnawarman, namun sumber lain seperti prasasti mampu menunjukkan betapa Raja Purnawarman memiliki pengaruh besar dalam pemerintahannya. Semoga informasinya bermanfaat.

Selanjutnya : Cara Buat Rujak Manis yang Praktis
Sebelumnya: Model Sofa untuk Rumah Kecil dan Penataannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar