Fungsi Akar pada Tanaman Bakau


Fungsi akar pada tanaman bakau telah diketahui sebagai penangkal lajunya gelombang angin yang cukup ekstrim. Gelombang angin yang cuku ekstrim selama ini dijadikan penyebab utam bencana badai. Sehingga gelombang angin yang kuat menyapu apa saja yang dilaluinya, terutama daerah-daerah pesisir.

Pendapat tentang fungsi akar pada tanaman bakau tersebut diperkuat dengan adanya penelitian yang dilakukan oleh sebuah lembaga konservasi tumbuhan yaitu The Nature Conservancy And Wetlands International. Dalam penelitian yang dilakukan oelh tim lembaga tersebut dikemukakan hasil bahwa akar tanaman bakau mampu menahan laju gelombang angin hingga 66 % ( diuji jika ketebalan tanaman bakau mencapai 100 meter).

Tanaman Bakau memang terkenal dengan akarnya yang menyembul dari dalam ke luar. Sekilas akar-akar berukuran besar tersebut menyerupai batang pohon yang merebah. Namun jangan salah, akar yang menyembul keluar itulah yang kemudian menjadi penyelamat bumi dari terjangan badai.

Mengapa Demikian?

Sebab, tanaman Bakau memiliki akar berjenis akar nafas. Secara tekstur akar nafas memang selalu menyembul ke permukaan tanah. Berebeda dengan akar-akar jenis lainnya yang bertumbuh hanya di dalam tanah. Akar nafas tanaman Bakau menyembul dari dalam tanah dikarenakan akar menghirup oksigen yang ada di permukaan tanah. Oleh karena itu, gelombang angin kencang dapat teratasi bila ada tanaman bakau di sekitarnya.

Saat ini tanaman Bakau memang banyak tumbuh di pesisiran pantai. Namun tidak semuanya yang memiliki akar nafas. Oleh karena itu Pemerintah tengah gencar-gencarmya membudidayakan tanaman bakau berakar nafas di pesisir pantai. Sebab, membudidayakan bakau berakar nafas adalah bentuk upaya pencegahan musibah badai yang paling mudah dan murah untuk dilakukan.

Jenis-jenis Akar Tumbuhan

Bila fungsi akar pada tanaman bakau sebagai penangkal gelombang angin, maka ada jenis akar-akar lainnya yang menjadi cirri-ciri masing-masing tanaman, yaitu:

•    Akar gantung

Akar gantung adalah akar yang bisa ditemukan pada tumbuhan beringin.  Sesuai namanya, akar gantung tumbuh menjuntai dari atas ke bawah, persis seperti akar yang menggantung. Ketika posisi akar menggantung, maka akar berfungsi sebagai penyerap gas dan uap air yang berasal dari hujan. Namun ketika posisinya telah mencapai tanah dan masuk ke dalam tanah, fungsinya berubah menjadi penyerap garam mineral di dalam tanah.

•    Akar pelekat

Akar pelekat adalah akar tumbuh pada tumbuhan-tumbuhan yang merayap seperti sirih. Akar pelekat selalu tumbuh di batang tumbuhan sehingga memudahkan tumbuhan tersebut bertumbuh dalam posisi merambat di dinding atau pagar.

•    Akar tunjang

Sebagian besar jenis tumbuhan memiliki akar tunjang. Akar ini tumbuh ke dalam tanah dan berfungsi menopang bobot tumbuhan.

Itulah sekilas fungsi akar pada tanaman bakau. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Fungsi Bagian Processor
Sebelumnya: Efek KB Pil Terhadap Kulit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar