Ketahuilah Fungsi Atmosfer Bagi Bumi

Tidak ada salahnya kita mengetahui fungsi atmosfer bagi bumi ini. Dengan kita mengetahui fungsi atmosfer ini, kita dapat membantu untuk menjaga atmosfer bumi agar tetap dapat berfungsi dengan baik

Pengertian Atmosfer

Loading...

Atmosfer merupakan salah satu lapisan gas yang di mana lapisan ini melingkupi planet, termasuk bumi yang kita tempati ini. Lapisan ini melingkupi dari permukaan planet hingga sampai ke luar angkasa. Di bumi tempat kita berpijak ini, atmosfer terdapat pada ketinggian 0 km dari atas permukaan tanah hingga sampai sekitar 560 km dari permukaan bumi yang paling atas. Perlu kita ketahui bahwa atmosfer ini tersusun dari beberapa lapisan.

Fungsi Atmosfer

Atmosfer ini tentunya memiliki fungsi bagi bumi di mana kita berada ini. Fungsi atmosfer bagi bumi, antara lain:

1. Sumber Gas

Dengan adanya atmosfer ini, maka dapat mengalihkan sumber gas yang sangat kita butuhkan untuk mendukung kegiatan atau kehidupan kita sehari-hari sebagai makhluk hidup yang ada di bumi ini. Sumber gas yang terdapat dalam atmosfer dan berguna bagi kita, antara lain adalah oksigen, karbondioksida, dan nitrogen.

Oksigen merupakan sumber gas yang memang kita butuhkan untuk bernafas, selain itu tumbuhan juga hewan pun juga membutuhkan oksigen. Karbon dioksida atau CO2 serta nitrogen atau N2 ini pun menjadai salah satu sumber gas yang memang menujang kehidupan tumbuhan yang ada di bumi ini.

2. Penyaring Radiasi Sinar Matahari

Atmosfer ini juga berguna untuk menyaring atau sebagai filter radiasi yang ditimbulkan oleh sinar matahari. Lapizan ozon atau O3 yang merupakan bagian dari lapisan atmosfer inilah yang bertugas untuk menahan radiasi yang ditimbulkan oleh sinar matahari. Radiasi ini tentunya akan berimbas negatif bagi makhluk hidup, yaitu dapat merusak bahkan mematikan mahkluk hidup yang ada di bumi ini.

3. Penyangga Suhu di Bumi

Atmosfer ini juga berfungsi untuk menyangga suhu yang ada di bumi ini. Dengan adanya proses penyanggan suhu yang diakibatkan oleh atmosfer, maka suhu yang ada di bumi akan selalu stabil, yaitu makhluk hidup yang ada di bumi tidak akan merasakan suhu yang terlalu panas jika pada siang hari dan tidak merasa terlalu dingin pada saat malam hari.

4. Pengatur Cuaca dan Iklim

Atmosfer juga berguna sebagai pengatur kelestarian dalam proses cuaca serta iklim yang ada di bumi ini.

Demikianlah fungsi atmosfer bagi bumi. Dengan kita mengetahui fungsi atmosfer ini, maka setidaknya kita jadi lebih menjaga atmosfer yang ada di bumi karena begitu bermanfaat bagi kita dan makhluk hidup lainnya.

Loading...
Selanjutnya : Contoh Resensi Nonfiksi
Sebelumnya: Mengenal Mata Uang Zaman Jepang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar