Fungsi dan Manfaat Sastra


Meskipun dalam kehidupan sehari-hari kita lekat dengan karya sastra, tapi itu belum menjamin kita mengetahui fungsi dan manfaat sastra tersebut. Berikut ini akan dijelaskan dengan ringkas fungsi serta manfaat sastra. Sastra memiliki dua tipe manfaat dan fungsi, yakni fungsi utama serta fungsi turunan. 

Fungsi Utama

Horatius pernah mengatakan bahwa fungsi utama dari sastra adalah dulce et utile. Ini merupakan padanan bahasa latin yang artinya sweet dan useful. Menyenangkan sekaligus mendidik. Penjelasan dari Horatius ini dikembangkan oleh Bressler pada tahun 1999 dengan istilah to teach (mengajar) dan to entertain (menghibur).

Dengan fungsi dulce-nya, sastra berarti mengambil peran sebagai penghibur para pembacanya yang bisa membuat pembacanya merasa bahagia dan suka dengan bacaan itu. Keberadaan fungsi dulce dilengkapi dengan fungsi utile-nya yang menjadikan karya sastra tidak hanya bersifat menyenangkan tapi juga mampu mentransfer nilai-nilai kebaikan kepada para pembacanya.

Dengan fungsi ini, maka keberadaan karya sastra bisa menjadikan seorang manusia menjadi lebih manusiawi dan membuatnya lebih peka terhadap permasalahan hidup, lingkungan sekitar, dan manusia lainnya. Sebuah karya sastra yang hanya mampu menghibur tanpa bisa mentransfer nilai-nilai kebaikan akan terasa gersang. Sebaliknya jika karya sastra tersebut hanya bisa menasihati dan tidak terkemas ke dalam karya yang indah dan tidak mengandung unsur hiburan, maka karya tersebut akan terasa hambar.

Fungsi Turunan

Fungsi turunan sastra, antara lain:

• Fungsi estetis yang bersifat sebagai media penyampai keindahan.

• Fungsi etis yang menyampaikan nilai-nilai moral.

• Fungsi didaktis

Karya sastra yang baik harus bisa mendidik pembacanya dan menuntun ke arah kebaikan

• Fungsi reflektif

Karya sastra sering menjadi miniatur kehidpan yang terjadi di masyarakat. Dengan mambacanya akan bisa membuat pembacanya semakin memahami jati diri dan lingkungannya

• Fungsi rekreatif

Melalui syair puisi, dialog-dialog dalam novel, cerita yang menegangkan bisa menjadi hiburan tersendiri bagi pembaca. Kesenangan larut dalam imajinasi penulis karya sastra sulit digambarkan dengan kata-kata. Sehingga membaca karya sastra adalah salah satu pengisi waktu luang yang tepat sekaligus murah meriah.

Demikian penjelasan tentang beberapa fungsi dan manfaat dari karya sastra. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Peluang Usaha Sebagai Importir Baju Bekas
Sebelumnya: Belanja Online Tanah Abang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar