Fungsi Dari Bagian Organ Serangga


Fungsi dari bagian organ serangga sangat komplek dan saling terkait satu sama lainnya. Mengulas tentang sistem kerja organ serangga merupakan bagian dari pelajaran biologi dasar yang diajarkan di SMP.

Serangga atau insekta merupakan mahluk hidup yang masuk golongan hewan tak bertulang belakang atau invertebrata. Karakter serangga atau insekta ini masuk pada hewan berdarah dingin.

Ada tiga bagian organ serangga yakni organ pencernaan, organ pernafasan dan sistem peredaran darah.

Fungsi Organ Serangga

Anatomi bagian dalam serangga berbeda dengan hewan mamalia. Misalnya pada jenis belalang. Serangga ini memiliki struktur organ skresi yang lebih sempurna dari pada serangga lainnya.

1. Organ pencernaan belalang

Berikut ini sedikit penjelasan bagian organ serangga dan fungsinya :

  • Pembuluh malphigi

Pada bagian tengah rongga perut belalang terdapat pembuluh malphigi atau lazimnya disebut tubula. Fungsi pembuluh malphigi ini sebagai media mengurai zat makanan dan memisahkan zat yang tak berguna seperti urea, nitrogen dan toksik.

  • Usus

Sedangkan usus berfungsi mencerna makanan dan menyalurkan keseluruh tubuh serangga melalui darah. Usus pada belalang berdekatan dengan rectum.

  • Lambung 

Lambung terdapat pada bagian tengah perut serangga. Pada bagian ini berfungsi menampung makanan berupa daun, spora bunga untuk disekrasi menjadi enzim baru.

  • Rectum 

Rectum berfungsi sebagai alat pembuangan kotoran seperti feses urin. Rectum ini berada pada ujung belakang perut.

Organ Pernafasan Belalang

Selain organ pencernaan, ada sistem pernafasan belalang yang tak kalah pentingnya. Belalang bernafas menghirup oksigen, melalui trakea. Oksigen ini berfungsi untuk menunjang kehidupan dan zat untuk membantu mereproduksi jaringan sel baru.
Berikut ini merupakan penjelasan bagian-bagian organ pernafasan pada serangga khususnya belalang :

  • Trakea 

Fungsi trakea adalah alat untuk mengambil udara. Trakea itu semacam paru-paru pada mamalia atau manusia. Bentuk trakea seperti pembuluh yang berukuran mikro. Trakea ini memiliki otot untuk mompa oksigen supaya masuk ke dalam melalui organ respiratori.

  • Kantung udara

Kantung udara yang terletak berdekatan dengan trakea berfungsi menampung udara masuk. Jumlah kantung udara pada belalang ada tujuh buah yang memanjang ke belakang.

  • Spirakel 

Spirakel berfungsi sebagai respiratori atau tempat oksigen masuk. Sekian sedikit ulasan fungsi dari bagian organ serangga.

Selanjutnya : Rio Idola Cilik 3
Sebelumnya: Tempat Percetakan Undangan Bentuk Kipas di Jakarta
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar