Fungsi dari Motherboard


Keseharian pekerjaan kita yang banyak berkutat dengan komputer dapat berjalan dengan lancar karena fungsi dari motherboard bisa berjalan secara maksimal. Seandainya motherboard mengalami kelainan, bisa dipastikan dampaknya akan jatuh kepada kita. Pada kesempatan kali ini, saya akan mengajak Anda untuk ‘menjelajahi’ motherboard dan mengenali fungsi-fungsi serta berbagai komponennya. 

Sejarah Perkembangan Motherboard

Motherboard mulai berkembang pada awal tahun 1980-an. Pada waktu itu, pasar prosesor didominasi oleh perusahaan yang eksis sampai sekarang yakni Intel. Eksistensi Intel tersaingi ketika pada tahun 2000-an hadir perusahaan penghasil prosesor yaitu AMD. AMD telah mengeluarkan seri prosesornya antara lain processor K6-2 dan Athlon yang bisa menyaingi dominasi Intel di pasar komponen komputer ini.

Seiring dengan perkembangan motherboard, bermunculan berbagai inovasi untuk produk ini dari dari berbagai produsen yang berbeda. Selain AMD, Asus juga mengeluarkan andalannya seperti Asus Rampage II Extreme dan Motherboard ASUS Republic of Gamers Series Rampage Formula ATX Intel.

Fungsi Motherboard

Beberapa fungsi yang dijalani oleh motherboard antara lain sebagai berikut:

  • Pengatur daya listrik yang dialokasikan untuk setiap komponen yang ada di komputer. 
  • Pengatur lalu lintas proses dalam komputer yakni yang terkait dengan penyimpanan berbagai data di beberapa tempat seperti hardisk, keyboard, mouse, CD-ROM, dan juga printer. 
  • Motherboard adalah ‘otak’-nya komputer. Komponen ini yang bertugas mengintegrasikan antarkomponen di komputer sehingga komputer bisa bekerja dengan baik. 

Komponen-komponen Motherboard

Di dalam diri motherboard terdapat berbagai komponen yang memiliki tugas masing-masing. Komponen-komponen yang biasanya terdapat pada motherboard, antara lain:

  1. Soket Prosesor yang menjadi tempat pemasangan prosesor. Beda soket beda prosesornya. Jadi pemasangan ini sifatnya spesifik. 
  2. Slot Memori yang dipakai untuk memasang memori utama di komputer.
  3. Northbridge yang menjadi pengatur data antara prosesor dengan memori dan saluran utama pada motherboard.
  4. Southbridge yang membantu northbridge dengan cara menghubungkan northbridge dengan komponen lainnya.
  5. Slot PCI yang digunakan untuk memasang kartu yang kecepatannya lebih rendah dari slot AGP serta PCI Express.
  6. Port Floppy Disk yang berfungsi untuk menghubungkan media yang removable seperti Disket atau Floppy Disk.
  7. Port Power yang bertugas memberi daya pada sistem komputer.

Demikian penjelasan sekilas tentang fungsi dari motherboard, berikut sejarah dan komponen-kompeonennya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Belanja dengan Vocher Carefour
Sebelumnya: Manfaat Besar Buah Semangka bagi Kesehatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar