Fungsi dari Screen Saver pada Monitor Komputer


Fungsi dari screen saver monitor pada komputer adalah untuk menjaga layar monitor agar tidak timbul garis hitam berbentuk vertikal dan horizontal yang disebabkan tembakan sinar katoda pada monitor jenis CRT atau unsur pixel terlalu tajam pada monitor jenis LCD. Screen saver juga dapat mencegah layar monitor terbakar, menjaga keawetan layar monitor, dan menambah keindahan.

Pengertian Screen Saver

Pengertian dari screen saver pada layar monitor komputer, yaitu suatu gambar animasi yang dapat muncul di layar komputer saat komputer dalam keadaan hidup namun didiamkan saja tanpa melakukan kegiatan di komputer.  Screen saver dapat diatur kemunculannya dengan cara mengubah waktu pada fitur screen saver di windows.

Cara menampilkan screen saver pada layar monitor komputer, yaitu dengan mengklik kanan desktop di layar depan, pilih properties, klik tab tulisan screen saver, klik screen saver pilihan, klik apply, terakhir klik ok dan layar komputer akan menampilkan screen saver yang menjadi pilihan.

Untuk mengatur waktu tampilan screen saver, caranya yaitu mengklik kanan desktop di layar depan, pilih properties, klik tab tulisan screen saver, mengganti angka yang diinginkan waktu tampilan screen saver dalam hitungan menit pada kotak wait, klik apply dan klik ok. Maka waktu tampilan screen saver akan sesuai dengan waktu yang dipilih dan fungsi dari screen saver dapat lebih maksimal.

Jenis Screen Saver

Jenis screen saver di layar komputer ada beberapa macam, di antaranya yaitu screen saver standar, berupa gambar atau foto dan gambar tiga dimensi. Screen saver standar telah otomatis ada di perangkat komputer. Hanya dengan mengklik personalize dan setting, screen saver berupa gambar atau foto dengan menggunakan slideshow gambar atau foto yang telah dimasukkan ke file komputer langsung muncul. Sedangkan screen saver tiga dimensi dapat diperoleh dari unduhan internet.

Screen saver pada umumnya terdiri atas tiga warna utama, yaitu merah, hijau, dan biru. Hal ini diakibatkan warna dasar pada layar komputer terdiri atas ketiga warna tersebut. Sehingga, pada screen saver pasti ada ketiga warna tersebut di samping warna yang lain. Warna-warna pada tampilan screen saver akan menambah keindahan layar monitor.

Memberi screen saver pada layar monitor komputer sangat bermanfaat untuk menjaga layar monitor dapat terus bekerja dengan baik. Selain itu, screen saver dapat menambah keindahan di layar komputer dan menuangkan kreativitas. Setelah memahami fungsi dari screen saver maka diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang cara menjaga keawetan layar monitor.

Selanjutnya : Bentuk Kerjasama Asean dalam Bidang Perdagangan
Sebelumnya: Contoh Proposal Seminar Kesehatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar