Fungsi Gelas Ukur Kimia dan Cara Penggunaannya


Gelas ukur kimia yang ada di laboratorium dibagi menjadi tiga kelompok yaitu : sebagai alat ukur, alat tampung, serta yang ketiga adalah alat pendukung. Fungsi gelas untuk masing-masing kelompok berbeda-beda.

Alat ukur mempunyai fungsi untuk mengukur atau menentukan jumlah zat cair dengan benar dan tepat. Alat tampung berguna untuk menampung zat kimia dan tidak bisa digunakan untuk mengukur jumlah zat. Untuk alat pendukung adalah yang digunakan untuk mendukung penggunaan peralatan laboratorium lainnya.

Gelas ukur yang ada di laboratorium digunakan untuk mengukur zat cair, dalam penggunaannya sangatlah mudah, tidak perlu ketelitian tinggi karena garis pengukurannya sudah tertera di dinding gelas. Ada beberapa macam ukuran gelas kimia ini, ada yang berukuran 5 ml, 2 liter, bahkan ada juga yang berukuran lebih dari itu.

Gelas ukur lebih akurat apabila dibandingkan dengan termos laboratorium serta gelas. Namun, apabila dibandingkan dengan gelasĀ  volumetrik (labu ukur) penggunaan gelas ukur kurang akurat. Gelas ukur lebih sering digunakan untuk mengukur kenaikan cairan atau mengukur perpindahan.

Pada umumnya, bahan pembuat gelas ukur kimia adalah polypropylene dikarenakan memiliki ketahanan yang baik terhadap zat kimia, atau berasal dari polymethylpentene untuk transparasi gelas. Bahan-bahan tersebut akan membuat gelas lebih ringan bobotnya tetapi lebih rapuh daripada kaca. Gelas ukur yang rusak akan sangat mempengaruhi keakuratan pengukuran zat.

Gelas ukur tradisional yang berbentuk sempit, ramping, dan tinggi bisa meningkatkan keakuratan serta presisi dalam pengukuran volume dalam gelas. Gelas ukur tradisional mempunyai dasar kaca atau plastik, serta mempunyai bibir yang menjorok keluar yang bergunan untuk memudahkan cairan dari dalam gelas ukur mengalir keluar.

Gelas ukur yang sempit berbeda dengan gelas beaker yang bisa menampung cairan dalam jumlah banyak. Gelas ukur dipakai untuk mengukur volume cairan kemudian melihat meniscus ukuran dengan tepat. Untuk mendapatkan ukuran yang tepat, mata harus sejajar dengan gelas ukur.

Dalam ilmu kimia, pengetahuan tentang fungsi gelas ukur dan cara penggunaan gelas ukur amatlah penting karena menyangkut keakuratan data dan keberhasilan percobaan kimia.

Selanjutnya : Pengobatan Kanker Alternatif dengan Mengkudu dan Daun Sirsak
Sebelumnya: Mengenal Teknik Basketball Dasar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar