Fungsi Kantong Tinta pada Cumi-cumi


Fungsi kantong tinta pada cumi-cumi adalah sebagai tempat menyimpan senjatanya. Sebagaimana makhluk hidup lainnya, dalam kehidupan cumi-cumi juga terdapat kawan dan lawan. Peran kawan tentu menguntungkan. Sebaliknya, kehadiran lawan atau musuh bermakna adanya bahaya yang mengancam.

Untuk mengamankan diri dari bahaya yang ada, cumi-cumi akan mengeluarkan tintanya dari kantong tinta. Tinta cumi-cumi berwana hitam atau coklat. Warna ini dipengaruhi oleh adanya pigmen melanin. Mengeluarkan tinta dari kantongnya adalah cara cumi-cumi untuk menghindari predator yang menebar mara bahaya bagi dirinya. Inilah uniknya cumi-cumi.

Tentang Cumi-cumi

Cumi-cumi memiliki nama latin Loligo sp. yang menunjukkan asal keluarganya yakni keluarga Loliginidae. Di Indonesia ada yang menyebut cumi-cumi dengan sotong. Sedangkan dalam bahasa Inggris dinamakan dengan squid.

Dalam kesehariannya, cumi-cumi melakukan pergerakan diurnal, yaitu pergerakan hewan yang aktif pada waktu siang hari. Di waktu siang, cumi-cumi akan melakukan kegiatan berkelompok bertempat di dasar perairan dan ketika malam sudah datang mereka akan menyebar.

Cumi-cumi juga termasuk tipe hewan yang menyukai cahaya atau fototaksis positif. Kecenderungan minat cumi-cumi pada cahaya ini tentu menguntungkan para nelayan karena mereka sudah mengetahui dengan cara apa sebaiknya cumi-cumi ditangkap yakni dengan memakai bantuan cahaya.

Manfaat Tinta Cumi-cumi

Dalam diri cumi-cumi terkandung berbagai zat yang berguna untuk kesehatan manusia, yakni protein, mineral, dan berbagai macam vitamin. Tinta yang ada pada cumi-cumi yang biasanya dibuang ketika diolah menjadi makanan, ternyata bisa berfungsi sebagai zat untuk melawan sel tumor.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh lembaga riset CellNew menghasilkan temuan bahwa tinta cumi-cumi memiliki sifat anti-angiogenic yang bisa mencegah tumbuhnya sel-sel tumor. Selain itu, tinta cumi-cumi ini juga bisa menghambat adanya pertumbuhan pembuluh darah baru yang merupakan cikal bakal adanya tumor dan kanker.
Temuan ini didukung oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh lembaga riset lain di

University’s School of Ocean Sciences pada tahun 2008. Para peneliti di tempat itu mengatakan bahwa tinta cumi-cumi mengandung zat yang efektif melawan pertumbuhan tumor.

Demikian penjabaran ringkas tentang fungsi dari kantong tinta pada cumi-cumi. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Belajar Menyanyi yang Benar
Sebelumnya: Mendapatkan Informasi Tentang Software dengan Lengkap
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar