Fungsi Lapisan Termosfer untuk Komunikasi Jarak Jauh


Salah satu fungsi lapisan termosfer bagi manusia adalah untuk membantu terciptanya komunikasi jarak jauh. Lapisan termosfer atau biasa disebut juga dengan lapisan ionosfer adalah bagian dari atmosfer yang terionisasi oleh radiasi matahari. Lapisan ini berperan bagi keelektrikan atmosfer dan membentuk batas dalam lapisan magnetosfer.

Fungsi Lapisan Termosfer

Lapisan termosfer dibagi menjadi tiga lapisan lagi, yaitu: lapisan udara E, lapisan Udara F, dan lapisan udara atom. Lapisan F dan lapisan E dapat memantulkan gelombang radio pada frekuensi tinggi (HF, high frequency) pada frekuensi sekitar 3 MHz sampai dengan 30 MHz dan lebih dikenal dengan sebutan gelombang pendek (SW, short wave). Bahkan, pada kondisi tertentu, lapisan E-sporadis mampu memantulkan gelombang VHF-rendah, yang mempunyai frekuensi 30 MHz sampai dengan 50 MHz.

Pemantulan gelombang radio HF dan VHF-rendah oleh lapisan ionosfer ini membuat komunikasi radio dapat menjangkau jarak yang cukup jauh tanpa sarana repeater, seperti gelombang mikro. Maka siaran RRI Jakarta bahkan BBC di London bisa ditangkap di desa yang terpencil di Indonesia yang jaraknya jauh dari stasiun pemancarnya. Para pengguna radio komunikasi jenis SSB (single sign band)  juga bisa berhubungan dari tempat yang sangat jauh, bahkan antarbenua, karena adanya pemantulan lapisan gelombang oleh ionosfer ini.

Gelombang radio pada band VHF-rendah juga bisa dipantulkan oleh lapisan E-sporadis. Jika tanpa repeater, komunikasi pada band VHF ini hanya akan menjangkau jarak 2 sampai 8 mil, atau area dalam satu kota saja, tapi dengan adanya pemantulan oleh lapisan E-sporadis, maka propagasi gelombang VHF-rendah bisa mencapai jarak lebih dari 1.400 mil.

Lapisan termosfer atau ionosfer ini bisa disebut juga mempunyai fungsi sebagai repeater alami bagi radio yang menggunakan frekuensi HF atau VHF-rendah. Untuk daerah-daerah yang memiliki kondisi medan yang berat seperti pulau-pulau kecil, diselimuti gunung

Atau terletak di hutan belantara sehingga komunikasi ke daerah lain tidak mudah dikarenakam sarana dan prasarana yang tidak memadai, mungkin bisa mencoba cara alternatif menggunakan radio HF. VHF-Rendah (biasa disebut radio amatir), atau radio SSB yang memanfaatkan fungsi lapisan termosfer sebagai repeater alami gelombang radio.

Selanjutnya : Manfaat Tawon untuk Kesehatan
Sebelumnya: Fungsi CPU Komputer
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar