Fungsi Mukjizat Bagi Nabi

Dalam setiap agama selalu dikenal sosok-sosok nabi. Sosok nabi dipercaya sebagai utusan Tuhan yang diberi wahyu berkaitan dengan ajaran agama tertentu dan biasanya para nabi ini memiliki misi tertentu. Nah, selain mengajarkan tentang agama, seorang nabi juga melakukan beberapa mukjizat untuk orang-orang yang berada di sekelilingnya. Lantas apa sebenarnya fungsi mukjizat bagi nabi?

Fungsi Mukjizat

Mukjizat adalah suatu kejadian atau keadaan luar biasa yang dilakukan oleh para nabi dengan izin dari Tuhan semesta alam. Peristiwa atau keadaan ini tidak bisa dilakukan oleh manusia biasa dan sulit diterima akal manusia.

Peristiwa atau keadaan yang disebut mukjizat ini tidak selalu terjadi di setiap waktu namun hanya pada waktu-waktu tertentu yang sesuaidan istimewa. Nah, fungsi mukjizat bagi nabi tak lain adalah untuk menunjukkan kebesaran dan keberadaan Tuhan semata. Dengan adanya mukjizat diharapkan umat manusia menjadi percaya dan yakin pada keberadaan Tuhan.

Dalam keadaan tertentu, kehadiran mukjizat juga terjadi untuk menolong para nabi dalam menghadapi situasi-situasi yang sulit. Misalnya saja ketika berhadapan dengan para musuh.

Mukjizat terjadi untuk melepaskan para nabi dan pengikutnya dari bahaya dan sekaligus membukakan mata pada musuh tentang kebesaran dan kemampuan Tuhan. Mukjizat yang dilakukan para nabi sekaligus mengukuhkan bahwa para nabi tersebut adalah utusan Tuhan yang terpilih untuk menyampaikan pesan bagi umat manusia dan menjadi perantaran Tuhan melakukan perkara besar.

Beberapa Mukjizat Nabi

Setelah mengetahui fungsi mukjizat bagi nabi, lantas apa saja mukjizat yang pernah dilakukan nabi besar seperti Nabi Muhammad SAW? Berikut ini beberapa mukjizat yang pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

  • Mengobati Mata yang Sakit

Sesaat sebelum melakukan gerakan untuk menaklukkan Benteng Khaibar, Nabi Muhammad SAW memilih Ali bin Abi Thalib sebagai orang yang memegang bendera pasukan. Sayangnya, Ali menderita sakit mata yang cukup mengganggu penglihatannya. Melihat keadaan ini, Nabi Muhammad SAW meludahi mata Ali sehingga mata tersebut sembuh seketika.

  • Meminta Hujan

Pada suatu ketika kota Madinah mengalami kekeringan. Seseorang lantas meminta kepada Nabi Muhammad SAW untuk didoakan agar hujan segera turun. Nabi Muhammad SAW pun lantas berdoa dan seketika itu pula turunlah hujan yang deras di atas kota Madinah.

  • Air dari Tangan

Pada suatu kesempatan, Nabi Muhammad SAW meletakkan tangannya di dalam sebuah wadah. Tak disangka, dari sela-sela jemari tangannnya memancarlah air. Air ini lantas digunakan untuk berwudhu bagi 300 orang.

Nah, itulah contoh beberapa mukjizat yang pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Masih ada mukjizat lainnya yang pernah beliau lakukan. Semoga dengan contoh mukjizat ini, umat manusia semakin percaya pada kebesaran Tuhan.

Loading...
Selanjutnya : Fungsi Pemberian Imunisasi Campak pada Balita
Sebelumnya: Fungsi Motherboard
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar