Relevansi Pancasila dan Fungsi Negara Dalam Piagam Madinah


Dasar negara bangsa Indonesia adalah Pancasila. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ini ternyata bangsa Indonesia yang sebagian besar penduduknya memeluk agama Islam telah berusaha meniru dan sukses mengejawantahkan prinsip-prinsip fungsi negara dalam piagam Madinah.

1. Arti Penting Piagam Madinah

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Piagam Madinah itu? Piagam Madinah atau lebih dikenal juga dengan Kontitusi Madinaha adalah piagam yang di dalamnya terdapat susunan piagam langsung dari Nabi Muhammad SAW. Piagam tertulis ini sebagai bentuk perjanjian resmi antara Nabi Muhammad dengan suku-suku yang berasal dari golongan Yathrib.

Dalam kutipan pasal 47 yang terdapat dalam piagam Madinah yang merupakan pasal penutup, isi yang terkandung di dalamnya hampir menyiratkan persamaan dengan nilai-nilai yang terkandung dari Pancasila. Masih ingat bagaimana isi dan bunyi dari lima dasar Pancasila tersebut dan coba sekarang bandingkan dan telusuri dengan yang terdapat dalam pasal 47 piagam Madinah di bawah ini.

  • Setiap warga negara yang berusaha, berhak segala usaha atas dirinya.
  • Sesungguhnya Tuhan melindungi orang/warga negara yang baik dan bersikap taqwa pada-Nya.
  • Sesungguhnya Tuhan akan selalu menjaga keselamatan setiap orang dari yang mengamalkan piagam ini karena menjalankannya secara jujur dan baik.
  • Tidak diperkenankan piagam ini dimanfaatkan untuk menolong orang yang dhalim dan bersalah.
  • Nabi Muhammad adalah utusan Allah dan Tuhan akan selalu melimpahkan shalawat serta kesejahteraan untuk seluruh keluarganya.

2. Kehebatan Piagam Madinah

Sebenarnya piagam Madinah itu sendiri juga merupakan penjelmaan dari peraturan Allah yang telah ditetapkan menuju sikap prinsip demokratis. Adapun perintah Allah SWT yang termaktub dalam Alquran menekan prinsip kebaikan, seperti musyawarah, prinsip syura, komunalisme, keadilan, serta kebangsaan yang lebih demokratis dan bersifat penuh keadilan.

Hal penting inilah yang terangkum pasti dalam piagam Madinah. Bahwasanya Negara harus bisa menerapkan keadilan sebelum menggapai yang namanya kemakmuran. Setidaknya ini sebagai salah satu contoh yang sama persis dengan sila dasar kelima Pancasila yang menginginkan negara hidup dalam keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Relevansi Pancasila dan fungsi negara dalam Piagam Madinah juga bisa ditemukan seperti dalam keragaman suku budaya bangsa. Apalagi Indonesia memiliki semboyan bangsa yang khas, yakni Bhineka Tunggal Ika dengan mengusung falsafah yang indah, seperti berbeda-beda tapi tetap satu juga. Ini juga terdapat dalam piagam Madinah yang menghormati adanya perbedaan keyakinan. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Kepala Negara Myanmar Negara di Kawasan Asia Tenggara
Sebelumnya: Cara Penanggulangan Pencemaran Lingkungan di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar