Fungsi Perangkat Lunak dan Keras Pada Komputer


Perangkat lunak dan keras merupakan istilah dalam perangkat komputer. Saat ini komputer sudah menjadi perangkat yang lumrah dimiliki semua orang. Tetapi tidak semua orang yang memiliki komputer mengerti apa itu perangkat lunak dan keras, serta apa fungsi perangkat lunak dan keras tersebut. Kebanyakan dari kita tahunya hanya menggunakannya saja.

Perangkat Lunak dan Keras

Pengetahuan seputar perangkat lunak dan keras sebaiknya perlu kita pahami. Jangan sampai kita disebut“gaptek” atau gagap teknologi karena perangkat lunak dan keras saja tidak tahu, padahal hampir tiap hari menggunakannya. Kali ini kita akan mengulas seacra singkat apa itu perangkat lunak dan keras berikut fungsinya.

Perangkat lunak atau yang disebut juga dengan software merupakan data-data elektronik yang di dalam komputer. Data yang disimpan ini bisa berupa program dan instruksi yang dijalankan dan diperintah, catatan yang dibutuhkan oleh komputer. Pengolahan data pada perangkat lunak atau software ini melibatkan beberapa operasi, diantaranya adalah sistem operasi, program dan data.

Perangkat lunak secara umum memiliki tiga bagian besar, yaitu sistem operasi, bahasa pemograman serta perangkat lunak aplikasi. Bagaimana ketiga bagian besar komputer ini berfungsi, bisa kita simak sebagai berikut:

Sistem operasi merupakan penghubung antara pengguna komputer dengan perangkat keras komputer. Dengan demikian ini berfungsi sebagai penghubung pada saat pengguna akan mengoperasikan komputer.

Bahasa pemograman atau perangkat lunak bahasa yaitu program yang bisa menerjemahkan instruksi yang ditulis dalam bahasa pemograman terlebih dahulu baru kemudian ke dalam bahasa mesin supaya bisa dimengerti. Bahasa pemograman berfungsi sebagai penerjemah instruksi ketika pengguna akan menggunakan atau menjalankan aplikasi.

Lalu apa itu perangkat keras? Perangkat keras komputer itu merupakan perangkat yang bisa kita lihat kasat mata seperti monitor, CPU, keyboard, processormotherboard, dan sebagainya. Fungsi dari perangkat keras di antaranya adalah sebagai berikut:

Processor berfungsi untuk menjalankan semua proses kegiatan yang dilakukan oleh komputer berdasarkan permintaan dari pengguna komputer.

AGP atau Aceelerated Graphics Port yang berfungsi sebagai penyalur data yang bersumber dari kartu grafis ke CPU, tetapi tidak harus melalui memori utama, sehingga pengolahan data bisa lebih cepat.

Soket memori yang berfungsi sebagai penyimpan memori pada motherboard.

Soket processor berfungsi sebagai wadah untuk meletakkan processor.

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi perangkat lunak dan keras pada komputer. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Blouse Kemeja Perempuan – Paduan Cantik Celana Jeans
Sebelumnya: Cara Mendapatkan Rumah Bersubsidi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar