Fungsi Pundi-pundi Udara pada Burung


Sebagai spesies dari kelas aves, burung memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh hewan vertebrata lain yaitu seluruh tubuhnya dipenuhi oleh bulu.  Burung juga mempunyai sistem pernapasan yang unik, seperti memiliki fungsi pundi-pundi udara.

Secara struktural, alat pernapasan pada burung meliputi lubang hidung, trakea, bronkus, dan paru-paru. Dalam pangkal trakea, terdapat siring yang merupakan alat penghasil suara.

Pundi-pundi Udara pada Burung

Burung memiliki alat bantu pernapasan berupa selaput tipis dan elastis, yang dinamakan dengan pundi- pundi udara (saccus pneumaticus) dan berhubungan dengan paru-paru.

Ada lima pasang pundi-pundi udara pada burung yang terletak di pangkal leher, dada depan, dada belakang, perut, dan tulang lengan atas di antara selangka. Fungsi pundi-pundi udara, yaitu sebagai berikut.

1. Membantu pernapasan saat terbang
2. Stabilisator suhu badan untuk mencegah kedinginan
3. Cadangan oksigen
4. Mengatur berat jenis burung saat terbang dengan memperbesar atau memperkecil pundi-pundi udara
5. Membantu memperbesar rongga siring untuk mengeraskan suara

Sistem Pernapasan Burung

Di samping itu, sistem pernapasan pada burung ada dua cara, yaitu pada saat terbang dan saat istirahat.

  • Pada Saat Terbang

Pundi-pundi udara melakukan proses inspirasi dan ekspirasi.  Saat sayap dikepakkan terjadi proses inspirasi.  Saat sayap diturunkan terjadi proses ekspirasi.

Percepatan gerakan sayap menentukan jumlah oksigen yang masuk ke dalam paru-paru, karena pada saat terbang burung tidak bisa menghirup oksigen dari udara melalui hidung, tetapi masuk ke paru-paru dan mengambil cadangan oksigen pada pundi-pundi udara.

  • Pada Saat Istirahat

Pergerakan tulang rusuk menyebabkan proses inspirasi dan ekspirasi.  Saat tulang rusuk bergerak ke bagian depan dan bawah, rongga dada membesar, paru-paru mengembang dan tekanan di rongga paru menurun, sehingga proses inspirasi terjadi karena  burung menghirup oksigen dari lubang hidung menuju tenggorokan, paru-paru dan pundi-pundi udara.

Oksigen yang masuk ke dalam paru-paru, sebagian digunakan dan sebagian lagi disimpan di pundi-pundi udara.  Saat tulang rusuk kembali ke posisi awal, proses ekspirasi terjadi karena otot dada berkontraksi, rongga dada mengecil, dan tekanan di rongga paru meningkat, sehingga menyebabkan proses pelepasan oksigen dari dalam paru-paru dan pundi-pundi udara.

Sistem pernapasan pada setiap makhluk hidup memang berbeda.  Seperti halnya insang pada ikan, fungsi pundi-pundi udara  di dalam proses pernapasan pada burung menjadi pengendali utama.

Selanjutnya : Mengetahui Perbedaan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif
Sebelumnya: Kata-Kata Rindu dalam Bahasa Inggris Modern
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar