Berbagai Fungsi Teropong

Banyak sekali fungsinya teropong dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah untuk melihat benda-benda yang jaraknya jauh. Contoh benda yang jauh adalah gunung, bintang, bulan, dan lain sebagainya agar benda yang jauh tersebut dapat terlihat dekat sehingga memudahkan pengamatan. Bahkan untuk melihat hilal dalam penentuan hari raya Idul Fitri juga menggunakan teropong.

Jenis Teropong

Loading...

Teropong yang ada di dunia ini ada bermacam-macam bentuk dan jenisnya. Tentunya semua jenis ada fungsi dan tujuan masing-masing. Di bawah ini adalah beberapa jenis dan fungsi teropong.

1.    Teropong Bias

Teropong bias adalah teropong yang berfungsi membiaskan cahaya dengan bantuan lensa obyektif, contoh teropong bias adalah sebagai berikut:

a.    Teropong bintang, fungsi dari teropong bintang ini adalah untuk memudahkan pengamatan benda yang ada di luar angkasa seperti bintang, bulan, komet, dan benda angkasa lainnya

b.    Teropong bumi, fungsi dari teropong ini adalah untuk memudahkan pengamatan benda yang ada di permukaan bumi contohnya, laut, gunung, gurun, hewan, dan tumbuhan.

c.    Teropong galilei

d.    Teropong prisma, digunakan untuk mengamati benda yang jaraknya jauh agar terlihat lebih dekat. Biasanya digunakan oleh orang yang sedang berwisata.

e.    Teropong pantul, adalah teropong yang sistem kerjanya mengalami pembiasan cahaya atau pemantulan cahaya.

2.    Teropong prisma dan jenisnya:

a.    Teropong travel, seperti namanya tentulah teropong ini digunakan oleh orang yang akan jalan-jalan. Bentuknya kecil dan ringan sehingga mudah untuk dibawa ke mana saja.

b.    Teropong marine, teropong ini digunakan untuk melihat benda-benda dari laut. Pengguna teropong jenis ini adalah Angkatan Laut di seluruh dunia.

c.    Teropong birdwatching, seperti namanya birdwatching tentulah teropong ini digunakan untuk pengamatan burung serta pengamatan yang dilakukan di lapangan.

d.    Terpong berburu, teropong ini adalah teropong yang terdapat pada senjata yang biasanya digunakan untuk berburu. Selain itu teropong ini sangat cocok digunakan dalam kondisi gelap dan juga di dalam hutan.

Penemu Teropong

Hingga sekarang sudah banyak fungsi teropong yang memudahkan pekerjaan manusia, namun masih belum diketahui siapa sebenarnya penemu teropong pertama kali. Meskipun pernah ada seorang yang bernama Hans Lippershey mencoba membuat hak paten atas teleskop namun hal tersebut ditolak oleh pihak yang berwenang. Meski begitu kebanyakan orang beranggapan bahwa Galileolah yang menemukannya.

Loading...
Selanjutnya : Makanan yang Tidak Boleh Dimakan oleh Golongan Darah O
Sebelumnya: Apakah Makanan Ade Rai Setiap Hari?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar