Fungsi Tomat bagi Kulit Wajah dan Tubuh


Tomat merupakan tumbuhan dengan banyak manfaat karena mengandung antioksidan yang bermanfaat melawan radikal bebas. Salah satu dari antioksidan tersebut adalah lycopene, yang bermanfaat dalam pencegahan pembentukan sel kanker, serta menjadi antioksidan alami bagi kulit karena dapat berfungsi sebagai tabir surya. Berikut adalah fungsi tomat bagi kulit wajah dan tubuh.

Manfaat untuk Kulit Wajah

•    Mengatasi kulit berminyak. Caranya, hancurkan 1 buah tomat, dan saring airnya. Beri sedikit jus. Anda dapat mengoleskannya ke seluruh kulit wajah dengan kapas, kemudian biarkan selama 20-30 menit dan bersihkan.

•    Sebagai tabir surya alami yang dapat melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Caranya, hancurkan beberapa tomat, kemudian balurkan ke seluruh tubuh. Diamkan selama 15-20 menit dan bersihkan.

•    Mengatasi komedo dan membuat kulit lebih cerah. Caranya, buat masker dari campuran tomat dan alpukat, kemudian oleskan ke seluruh wajah. Diamkan selama 20-30 menit dan bersihkan. Adanya kandungan vitamin A, C dan E pada masker ini, membuatnya cocok untuk kulit berminyak dan kering.

Manfaat untuk Tubuh

Selain bagus untuk kulit, tomat sangat baik dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Anda dapat mengonsumsinya dengan cara dimasak dengan bahan yang lain, dijadikan lalapan atau dibuat sebagai jus. Berikut manfaat tomat bagi tubuh.

•    Dapat mengurangi efek dari merokok. Ini sebabnya tomat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para perokok. Alasannya, tomat mengandung asam coumaric dan asam klorogenat yang bermanfaat untuk memerangi karsinogen, yang merupakan zat berbahaya pada rokok dan menjadi penyebab kanker.

•    Mencegah Penuaan Dini. Tomat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Selain itu, dalam tomat juga terkandung asam sitrat yang bermanfaat menjadikan kulit menjadi lebih bersih dan segar.

•    Menstabilkan Gula Darah. Tomat mengandung krominium yang merupakan mineral penting yang bermanfaat menjaga kestabilan tingkat gula darah. Itulah mengapa tomat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

•    Menjaga Kesehatan Tulang. Tomat mengandung kalsium dan Vitamin K yang bermanfaat dapam perbaikan jaringan tulang yang rusak dan untuk mencegah pengeroposan pada tulang (osteoporosis).

•    Menurunkan Kolesterol di dalam Darah. Tomat mengandung asam nikotinat yang dapat mengurangi kadar kolesterol darah yang tinggi, sehingga bermanfaat sebagai pencegahan penyakit jantung.

Demikianlah uraian singkat mengenai fungsi tomat bagi kulit wajah dan tubuh.

Selanjutnya : Menghitung Modal Awal Usaha Jus Buah
Sebelumnya: Mengetahui Ciri Pohon Jati yang Berisi dan Bagus
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar