Fungsi Tombol-Tombol Keyboard Komputer


Computer user atau pengguna komputer sudah seharusnya mengetahui apa saja fungsi dari seluruh tombol-tombol keyboard komputer.

Sebab, fungsi tombol-tombol pada keyboard komputer itu nantinya akan banyak berguna ketika membuka program Microsoft Word. Dengan mengetahui tiap fungsi tombol-tombol keyboard, maka aktifitas mengetik di aplikasi Word terasa lebih mudah, cepat, dan tentu saja rapi.

Berikut fungsi tombol-tombol yang ada di keyboard komputer:

1. Tombol Space

Tombol space merupakan tombol berbentuk persegi panjang yang terletak di deret paling bawah. Untuk beberapa keyboard komputer tertulis kata ‘space’ sehingga memudahkan pengguna yang masih awam. Tombol space berfungsi untuk memberi jarak antara satu karakter dengan karakter kerenggangan antara karakter terlihat lebih rapi.

2. Tombol Ctrl dan Alt

Tombol Ctrl dan Alt terletak di sisi kiri dan kanan tombol space, masing-masing terdiri dari dua tombol. Penggunaan tombol ini harus dikombinasikan dengan tombol-tombol lainnya sesuai perintah di layar monitor.

3. Tombol Enter

Tombol enter merupakan tombol yang paling sering digunakan. Terutama ketika ingin membuat paragraf baru. Posisinya berada pada sisi kanan dari pengguna, tepat di atas tombol shift.

4. Tombol Capslock

Tombol capslock merupakan tombol yang terletak di bagian kiri pengguna. Fungsinya untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf besar, begitu pula sebaliknya. Jadi, bila pengguna menekan tombol ini pada saat tampilan huruf kecil, maka huruf yang selanjutnya akan menjadi huruf besar. Bila ingin menggantinya menjadi huruf kecil lagi, maka tombol ini ditekan kembali.

5. Tombol Shift

Sama seperti tombol Alt dan Ctrl, terdapat dua tombol shift pada keyboard. Tombol ini berfungsi untuk mengaktifkan beberapa simbol pada tombol-tombol tertentu. Misalnya simbol @, #, $, ?, + dan sebagainya.

6. Tombol Numblock

Tombol ini berfungsi untuk mengaktifkan angka-angka.

7. Tombol Backspace

Apabila terdapat teks yang salah, maka pengguna bisa memanfaatkan tombol backspace.

8. Tombol tab

Hampir sama dengan tombol space, tombol tab juga berfungsi untuk memberi jarak. Hanya saja jarak yang dihasilkan dari tombol tab lebih renggang dibandingkan jarak yang dihasilkan tombol space.

9. Tombol Print Screen

Tombol print screen disingkat dengan ‘prtsc’ pada tombol keyboard. Fungsinya untuk mengcopy atau mengambil gambar yang tertera di monitor dan kemudian dapat dipaste di halaman Word.

Demikian artikel tentang fungsi dari setiap tombol-tombol keyboard komputer. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Puisi Pendidikan Chairil Anwar untuk Guru
Sebelumnya: Efek Bagus di Photoshop
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar