Beragam Fungsi Ujung Lidah


Manusia telah diberkahi Tuhan dengan segala jenis kelebihannya. Mulai  kelebihan dari segi pola pikir dan perasaan, hingga kelebihan dari hal indera. Manusia diketahui memiliki beragam jenis indera, salah satunya adalah indera perasa. Dengan indera ini kita dapat merasakan rasa makanan yang berbeda seperti pahit, asin, manis, dan asam. Rasa manis contohnya, rasa ini dapat terasa karena merupakan bagian dari fungsi ujung lidah.

Fungsi Ujung Lidah

Manusia diketahui memiliki lima jenis indera yang berfungsi untuk menunjang kehidupannya. Mulai dari indera penglihatan, indera pendengaran, indera pembau, indera peraba, dan indera pengecap. Masing-masing indera memiliki fungsinya masing-masing.

Indera penglihatan atau mata berfungsi untuk melihat objek visual di dunia. Indera pendengaran atau telinga berfungsi untuk menerima respon berupa suara dari berbagai objek yang ada di dunia.

Indera pembau berfungsi untuk mencium dan membedakan berbagai jenis bau. Indera peraba atau kulit berfungsi untuk merasakan respon berupa rangsangan sentuhan terhadap tubuhnya.

Sedangkan indera pengecap atau lidah berfungsi sebagai penerima rangsang dari luar dalam bentuk rasa. Manusia memiliki sebuah lidah yang dapat mengecap berbagai jenis rasa yang ada. Lidah bagian pangkal dapat merasakan rasa pahit. Lidah bagian samping dapat merasakan rasa manis, sedangkan lidah bagian ujung dapat merasakan rasa manis dan asin.

Selain berfungsi sebagai alat pengecap rasa, lidah juga membantu proses pendorongan makanan dalam mulut. Setelah selesai dikunyah, lidah akan bergerak untuk mendorong makanan masuk ke dalam kerongkongan manusia.

Selain itu, lidah juga dapat berfungsi sebagai alat bantu berbicara. Saat lidah seorang manusia memiliki bentuk yang tidak biasa, misalnya lidah yang pendek. Biasanya menyebabkan manusia tersebut cenderung tidak dapat mengucapkan beberapa suku kata dengan benar. Misalnya huruf ‘r’akan terdengar sebagai huruf ‘l’, karena lidah mereka tidak dapat bergetar seperti layaknya orang normal saat mengucapkan huruf ‘r’.

Itulah beberapa fungsi alat indera manusia, khususnya lidah dan fungsi ujung lidah sebagai alat perasa manis dan asin. Semoga dapat menambah khasanah pengetahuan Anda. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Beragam Jenis Alat Menghias Kue Tart
Sebelumnya: Nama Tokoh dan Sejarah Kartini
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar