Inilah Fungsi Winrar dan Winzip


Kesulitan meng-upload file dalam jumlah besar? Inilah saatnya fungsi Winrar dan Winzip digunakan. Winrar dan Winzip merupakan program yang mampu mengompres/packing sebuah file agar lebih ringkas sehingga seseorang dapat mengirim dan membukanya secara praktis.

Pemakaian Winzip lebih populer daripada Winrar, meski Winrar merupakan aplikasi yang sangat komplit. Melalui winrar, file dengan angka kilobytes besar dapat dikompres menjadi lebih kecil. Winrar juga dapat digunakan untuk mengumpulkan beberapa file dalam satu folder sehingga sangat membantu untuk menyederhanakan attachment atau menyimpan unduhan.

Fungsi winrar terutama dipakai ketika mengirimkan email dengan attachment berupa file yang berisi tugas untuk beberapa orang sekaligus. Sedangkan winzip sering digunakan ketika harus mengirim lampiran berupa file dalam kapasitas besar, foto, proposal, dan dokumen penting lainnya. Lampiran berkapasitas lebih dari 1 Megabytes sering kali gagal dilampirkan dalam email.

Sebelum memutuskan menggunakan winzip atau winrar, ada baiknya kita memahami fungsi winrar dan winzip terlebih dahulu. Dibandingkan winrar, fungsi winzip lebih sederhana yaitu mengompres file besar menjadi lebih kecil sehingga dapat diupload dengan efisien dan tidak melebihi kapasitas. Sementara fungsi dan keunggulan winrar adalah sebagai berikut:

1.    menggabungkan atau memadatkan file-file kecil yang hendak dikirim melalui email dan flashdisk dalam satu folder, sehingga lebih hemat waktu dan tenaga;

2.    mengkompres file besar menjadi lebih sesuai untuk dikirim melalui email dan tidak melebihi kapasitas flash disk;

3.    menjamin privasi dan keamanan file yang hendak dikirimkan. Fasilitas password yang ada saat menggunakan aplikasi winrar dapat dimanfaatkan jika kita ingin melindungi file tersebut dari pihak yang tidak diinginkan;

4.    memecah paket file. Winrar mampu memecah atau membagi sebuah file besar dan menyesuaikan dengan space penyimpanan yang kita miliki. Contohnya, ada file berkapasitas 4 Gigabyte yang harus disimpan dalam flash disk berkpasitas 2 Gigabyte. Dengan bantuan Winrar, file tersebut dapat dipecah masing-masing menjadi 2 Gigabyte dalam satu flash disk;

5.    meningkatkan proteksi terhadap serangan virus. File dengan ekstensi winrar sangat sulit terinfeksi virus komputer, berbeda dengan file asli seperti aplikasi exe yang mudah terserang virus;

6.    memecah file berekstensi Zip, 7Z, UUE, Z, ACE, TAR, BZ2, ARJ, CAB, G2, ISO; dan
7.    memotong file berukuran besar (contohnya file film.movie) sehingga tak perlu khawatir proses mengunduh putus di tengah jalan akibat terlalu lama.
Fungsi winrar dan winzip sangat membantu tugas-tugas yang berhubungan dengan masalah administrasi, jurnalistik, maupun untuk kepentingan pribadi.

Selanjutnya : Mengatasi Ginjal Dengan Ramuan Bahan Alam
Sebelumnya: Teknik Mengedit Efek Foto dengan Berbagai Gaya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar