Macam-macam Galaksi


Apa yang kita pikirkan saat mendengar kata galaksi? Sebelum mempelajari lebih jauh mengenai galaksi, ada baiknya kita cari tahu dulu pengertiannya. Waktu kita sekolah, kita pernah belajar tentang galaksi pada mata pelajaran fisika pada subbab tata surya.

Kita tentunya tahu bahwa bumi tempat kita tinggal termasuk pada galaksi yang mempunyai nama galaksi bima sakti atau disebut juga dengan milky way. Galaksi tidak hanya bima sakti, macam-macam galaksi lainnya patut kita ketahui.

Galaksi dapat diartikan sebagai sekumpulan bintang-bintang yang berkelompok dengan jumlah banyak, mencapai jutaan bintang, bahkan triliunan bintang dan berpusat pada satu titik.

Galaksi memiliki bermacam bentuk. Bentuk pada galaksi diakibatkan bintang-bintang dan materi partikel pada bintang yang mengelilingi pusat titiknya.

Sehingga, bentuknya bermacam-macam berdasarkan pada titik pusat tumpuannya yang diakibatkan pula adanya gaya tarik-menarik magnet yang ada di sekitarnya dan turut dipengaruhi oleh adanya gaya gravitasi yang mengikat.

Ukuran masing-masing galaksi berbeda-beda, dari ukuran yang kecil yang terbentuk dari jutaan bintang, hingga yang paling besar yang terbentuk dari triliunan bintang serta materi partikel bintang-bintang.

Proses terbentuknya galaksi dalam kurun waktu yang tidak sebentar. Butuh waktu jutaan tahun cahaya untuk terbentuknya galaksi. Galaksi memiliki bentuk-bentuk seperti lingkaran berbentuk elips, spiral, bahkan ada bentuk yang tidak beraturan. Semua bentuk ini mengikuti pada titik pusat dari galaksi itu sendiri.

Akibat banyaknya bentuk galaksi, hingga saat ini teori mengenai terbentuknya galaksi masih belum dapat diketahui secara pasti. Meski banyak teori-teori yang menjelaskan proses terbentuknya galaksi, akan tetapi masih menjadi misteri bagaimana galaksi terbentuk. Sehingga, tidak ada teori yang pasti mengenai terbentuknya galaksi.

Macam-macam galaksi dengan berbagai bentuknya di antaranya yaitu, galaksi black eye yang memiliki bentuk spiral. Dinamakan black eye karena galaksi ini memiliki kemampuan menyerap debu yang tepat di depan inti galaksi karena mempunyai band gelap.

Galaksi bima sakti yang merupakan galaksi bumi kita, bentuknya lingkaran spiral dan merupakan tempat gugusan tata surya. Selain itu, ada pula galaksi lenticular yang bentuknya seperti elips. Masih banyak lagi galaksi-galaksi lainnya yang belum mempunyai nama, diperkirakan ada ratusan galaksi.

Selanjutnya : Pengertian Nabi Dan Rasul Secara Umum Dan Bahasa
Sebelumnya: Macam-macam Angklung
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar